Dinsos Lakukan Bimbingan Konseling Bagi Pemulung

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Jumat, 15 November 2019 - 11:55:43 WIB   |  dibaca: 43 kali
Dinsos Lakukan Bimbingan Konseling Bagi Pemulung

FOTO BERSAMA : Kasi Rehabsos Dinsos Tangsel, Hadiana (duduk, dua dari kiri) foto bersama para narasumber dan peserta bimbingan konseling bagi pemulung, kemarin.

TANGSEL, BANTEN RAYA - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) melaksanakan bimbingan konseling bagi pemulung yang merupakan warga Kota Tangsel, di Aula Kelurahan Setu, Kecamatan Setu, Kota Tangsel, Kamis (14/11).

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinsos Kota Tangsel, Asep Sopari, menjelaskan, bimbingan konseling sosial bagi pemulung ini diikuti sebanyak 60 peserta yang merupakan pemulung asal Tangsel yang tinggal di wilayah Setu. “Bimbingan ini dilakukan kepada pemulung yang berasal dari Tangsel atau memiliki KTP Tangsel,“ ungkapnya.

Asep mengatakan, dilakukan bimbingan konseling karena pemulung bagian dari pemerlu, pelayanan pekerja sosial yang rentan. Ada dua jenis pemulung, yakni pemulung yang benar-benar melakukan pekerjaan memulung, dan pemulung yang menyambi melakukan tindak kejahatan.

Untuk itu, kata Asep, perlu dilakukan bimbingan konseling kepada mereka dengan melibatkan psikolog dari Puspaga.“Kita mengajak psikolog, agar membangun motivasi mereka untuk lebih baik lagi,” ungkapnya.

Kepala Seksi Rehabilitasi Tuna Sosial dan Korban Napza pada Bidang Pelayanan Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Tangsel, Hadiana mengatakan, bimbingan ini tidak hanya sekadar bimbingan, para pemulung ini masuk dalam kategori yang perlu diperhatikan, karena jumlah mereka di Tangsel cukup banyak.“Kita membutuhkan usulan pelatihan-pelatihan di 2021 mendatang, seperti aksi mulung yang bisa dibuat menjadi kerajian kreatif,” katanya.

Untuk di Tangsel yang sudah dilakukan pendataan baik di Kecamatan Setu dan Pondok Aren berjumlah 503 pemulung. “Penanganan permasalahan gelandangan, pengemis dan pemulung ini merupakan tanggung jawab pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, masyarakat serta dunia usaha dengan saling mendukung dan berkoordinasi,” singkatnya. (*/)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook