Atasi Kekeringan Saat Musim Kemarau

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 15 November 2019 - 12:03:19 WIB   |  dibaca: 126 kali
Atasi Kekeringan Saat Musim Kemarau

DAPAT BANTUAN: Warga Desa Teluk Terate, Kecamatan Kramatwatu menyaksikanpembuatan sumur bor untuk mengatasi kekeringan di desa mereka, Kamis (14/11).

SERANG – Musim kemarau yang baru saja berlalu dampaknya cukup dirasakan oleh masyarakat Desa Teluk Terate, Kecamatan Kramatwatu. Warga di desa tersebut benar-benar kesulitan mendapat air bersih untuk kebutuhan mandi cuci dan kakus (MCK).

Des Teluk Terate, Kecamatan Kramatwatu menjadi salah satu desa di Kabupaten Serang yang merasakan dampak kemarau panjang yang baru saja berlalu. Padahal, letak Desa Teluk Terate tidak begitu jauh dengan laut, namun saat musim kemarau desa tersebut benar-benar kesulitan mendapatkan air bersih. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut.

Kondisi tersebut menjadi perhatian berbagai pihak salah satunya dari  pelaku usaha yang berada di Kecamatan Kramatwatu. Atas koordinasi yang baik antara masyarakat, pemerintah desa, dan pelaku usaha, tiga perusahaan bersedia membantu warga membuatkan sumur bor untuk mengatasi persoalan tersebut melalui dana corporate social responsibility (CSR)nya masing-masing.

Tiga perusahaan dimaksud yakni PT Multimas Nabati Asahan, PT Baja Deli, dan PT Tajama. Masing-masing perusahaan membangun satu sumur bor di tiga tempat yang berbeda namun masih di desa yang sama dengan biaya masing-masing Rp30 juta.

“Kalau PT Multimas Nabati Asahan membangunnya di Kampung Cilia, kemudian PT Baja Deli di Kampung Kebarosan, dan PT Tajama di Kampung Blok Asem,” ujar Sahrani, Plt Kepala Desa Teluk Terate, Kamis (14/11).

Pembuatan sumur bor tersebut diharapkan bisa menjadi solusi dalam jangka panjang terutama pada saat musim kemarau pada tahun-tahun mendatang. “Kami di desa mendorong masyarakat agar berpola hidup sehat, tentunya untuk hidup sehat diperlukan air yang bersih untuk memenuhi kebutuhan MCK mereka,” katanya.

Selanjutnya, sumur tersebut akan dikelola oleh warga untuk pemeliharaannya, sehingga mesin yang dipakai untuk menarik air bisa dirawat dengan baik. “Kami selalu mengimbau kepada masyarakat agar menggunakan air seperlunya. Insya Allah untuk Desa Teluk Terate tidak akan kekurangan air bersih lagi,” tuturnya.(TANJUNG)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook