Puluhan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 15 November 2019 - 12:25:56 WIB   |  dibaca: 90 kali
Puluhan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

BELAJAR DI TENDA : Pelajar kelas VI SDN 1 Banjarsari, Kota Serang terpaksa belajar di tenda di halaman sekolah setelah atap ruang kelas mereka rusak tersapu puting beliung, Kamis (14/11).

LEBAK - Puluhan rumah di Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang rusak setelah dihantam puting beliung, Kamis (14/11). Di Kabupaten Lebak, ada 49 rumah yang rusak di Desa Cisampang, Kecamatan Gunungkencana.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi mengatakan, dari 49 unit, sebanyak 24 rumah mengalami rusak berat dan 25 diantaranya rusak ringan. "Kita bersyukur bencana angin kencang tidak sampai menimbulkan korban luka. Hanya saja dilaporkan atap rumah pada beterbangan dan banyak pohon tumbang bahkan beberapa diantaranya menimpa atap rumah namun syukur alhamdulilah penghuninya selamat," katanya.

Pasca kejadian, kata Kaprawi, tim relawan BPBD langsung ke lapangan membantu masyarakat. "Angin kencang patut diwaspadai memasuki musim pancaroba (masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan). Selain angin kencang, warga diminta mewaspadai pohon tumbang serta bencana longsor," katanya.

Sementara itu, sebanyak lima rumah warga di empat kecamatan di Kabupaten Pandeglang mengalami rusak ringan usai dihantam angin puting beliung. Kelima rumah warga ini tersebar di Desa Bojong Manik, Kecamatan Sindangresmi, Desa Kadu Dampit, Kecamatan Saketi, Desa Jiput, Kecamatan Jiput, Desa Cibarani, Kecamatan Cisata, Kabupaten Pandeglang. "Pas kejadian jam 12.30 siang kampung kami ada hujan, gak lama ada suara angin bergemuruh dari arah barat.

Warga pada teriak ada angin puting beliung, saya kan kaget langsung keluar rumah sama keluarga menyelamatkan diri," kata Marsah (47), korban puting beliung warga Kampung Jabing, RT 01 RW 01, Desa Bojong Manik.Dalam peristiwa itu, kata Marsah, rumah miliknya rumah ringan. "Rumah saya cuman gentingnya pada rusak. Sekarang lagi diperbaiki," ujarnya.

Kepala Desa Bojong Manik, Kecamatan Sindangresmi, Sukri membenarkan, ada beberapa rumah warga di desanya yang rusak akibat bencana angin puting beliung. "Mungkin ada dua rumah yang rusak ringan. Sekarang RT dan RW lagi keliling cek data ril rumah warga yang rusak biar akurat," terangnya.

Sukri menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kecamatan hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang mengenai bencana tersebut. Saat ini beberapa rumah akibat kejadian itu sedang mendapatkan perbaikan. "Datanya sudah kami sampaikan ke kecamatan maupun dinas terkait," jelasnya. (purnama/yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook