Doblang Belum Bisa Penuhi Kriteria Kampung Berbunga

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Sabtu, 16 November 2019 - 09:55:24 WIB   |  dibaca: 51 kali
Doblang Belum Bisa Penuhi Kriteria Kampung Berbunga

CIKANDE – Penyambutan warga kepada juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019 diterima tim 10, Jumat (15/11). Antusiasme warga RT 008 RW 001, Kampung Doblang, Desa Sukatani, Kecamatan CIkande itu menandakan kesiapan lingkungannya untuk dinilai. Secara umum, perkampungan itu telah ditata. Namun, masih belum bisa memenuhi kriteria kampung berbunga.

Sambutan kepada juri terjadi ketika tim 10 tiba di Doblang sekira pukul 10.00 WIB. Puluhan warga Doblang yang mayoritas ibu-ibu telah berkumpul di depan gang utama kampung. Memang tidak ada penyambutan khusus seperti beberapa kampung lain yang menggelar kasidah, rebana, bahkan debus. Namun, kehadiran warga Doblang telah mampu membuat tim juri senang. Sebab, ada partisipasi warga Doblang terhadap kebersihan dan keamanan lingkungannya.        

Tim juri langsung berkeliling menyusuri jalan lingkungan di Doblang. Warga antusias mengikuti empat anggota tim 10 yang terdiri dari perwakilan Pemkab Serang, Polda Banten, Korem 064 Maulana Yusuf Serang, dan LSM.

Di kampung itu, gapura telah dibangun menggunakan dana iuran warganya. Jalan lingkungan berkonstruksi paving block juga telah dihias dengan cat bermacam warna dan beraneka bentuk. Pos rondanya pun ikut dihias dengan lampu warna-warni.

Usai menilai lingkungan Doblang, tim juri kemudian menyampaikan hasil temuannya kepada perangkat Desa Sukatani. Disebutkan bahwa Doblang belum bisa memenuhi semua kriteria lomba untuk kategori kampung berbunga.

“Lingkungan ini (Kampung Doblang-red) belum ada (tanaman-red) bunga. Penghijauan harus dlakukan, khususnya di rumah-rumah warganya. Kemudian, tempat sampah juga belum ada di rumah-rumah warga. Sebelum penilaian tahap kedua (pada Desember 2019-red), kami harap saran kami bisa dipenuhi,” ujar Mimi, anggota tim 10 perwakilan Pemkab Serang.

Untuk kriteria penilaian kategori kampung aman, sarana pos ronda belum lengkap. Pos ronda di RT 008 RW 001, Kampung Doblang, baru dilengkapi dengan kentongan dan jadwal ronda. Serta, papan untuk menempelkan foto-foto kegiatan warganya.

“Peralatan pos ronda belum lengkap. Masih perlu dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, buku tamu, dan peralatan pendukung pos ronda lainnya,” ungkap Iptu Dadang, tim 10 dari perwakilan Polda Banten.

Sekretaris Desa Sukatani Fakhri mengaku, bersama warga akan berupaya memenuhi semua kekurangan yang disampaikan tim juri pada penilaian tahap kedua nanti. “Akan kami usahakan, semua lengkap saat penilaian kedua,” tegasnya. (rio/don/ira)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook