LP3M Upgrading Pengelola Jurnal Untirta

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Selasa, 19 November 2019 - 12:00:11 WIB   |  dibaca: 179 kali
LP3M Upgrading Pengelola Jurnal Untirta

PEMBEKALAN: Pengelola Jurnal Untirta mendapatkan pembekalan untuk meningkatkan jurnal ilmiah kampus, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA-Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), menyelenggarakan pembekalan Auditor dan Audit Jurnal Internal (AJI), di Hotel Le Semar Kota Serang, Senin (18/11).

Ketua panitia, Rangga G Gumelar  dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini bagian kelanjutan dari kegiatan LP3M yang pada Tahun 2018 kemarin tidak ada. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan wawasan kepada para peserta terkait dengan validasi dan akreditasi."Kami melakukan kerjasama bagi yang sudah terakreditasi Sinta, dan ini adalah salah satu refresh bagi pengelola jurnal khususnya, sehingga nanti mereka punya semangat buat meningkatkan yang sudah Sinta," kata Rangga.

Ia berkata tahun depan jika ini terus menjadi isu yang penting, maka akan dilakukan seperti SPMI. Artinya, nanti ada monev pengelola jurnal, kemudian dibantu, sampai disubmit ke Sinta. Minimal masuk dulu ke Sinta."Saya berharap mendapat dukungan riil dari pimpinan. Kedudukan pengelola jurnal jangan dinafikan, karena bagaimana pun penguatan jurnal itu sangat penting bagi akreditasi baik institusi maupun prodi," ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Ketua LP3M yang diwakili oleh Syihabudin mengatakan, peserta kegiatan ini adalah pengelola jurnal yang ada di Untirta. Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini maka bisa meningkatkan jurnal Untirta dalam peringkat nasional.

Hal tersebut sesuai dengan visi misi Rektor Untirta, lebih cepat lari dalam clusterisasinya."Saya berharap dengan pelatihan pengelola jurnal yang ada di Untirta, memberikan semangat untuk mengurus jurnal dan para dosen juga semangat menulis dan dengan acara ini insya Allah jurnal-jurnal di Untirta berpacu sebagaimana perintah bapak Rektor kedepan harus ada peningkatan jurnal," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Suherna memberikan saran kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat. Insya Allah jurnal-jurnal yang ada di Untirta akan meningkat melalui tulisan-tulisan, baik di LPPM dan fakultas.

Pada bagian lain, Hanny Hafiar salah seorang pemateri menyampaikan, untuk penguatan kapasitas para pengelola jurnal di lingkungkungan Untirta dibutuhkan niat yang baik. Dengan adanya niat tersebut, tentu harus ada respons positif juga dari pengelola untuk mau meningkatkan kualitas jurnal yang dikelolanya."Saya berharap dengan adanya semangat pihak pengelola memperoleh dukungan yang diberikan oleh lembaga, dan itu semua harus dimulai sejak sekarang untuk mengelola jurnal lebih serius," katanya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook