Walikota Jenguk Siswa SDN 1 Banjarsari

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 19 November 2019 - 14:15:40 WIB   |  dibaca: 67 kali
Walikota Jenguk Siswa SDN 1 Banjarsari

RESPONS CEPAT : Walikota Serang Syafrudin mengunjungi SDN 1 Banjarsari di Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang, Senin (18/11) pagi sekitar pukul 09.00. Kunjungan tersebut untuk memastikan atap sekolah sudah diperbaiki.

SERANG, BANTEN RAYA - Walikota Serang Syafrudin mengunjungi SDN 1 Banjarsari di Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang, Senin (18/11) pagi sekitar pukul 09.00. Kunjungan tersebut untuk memastikan atap sekolah sudah diperbaiki.

Karena beberapa waktu yang lalu, sebagian bangunan SDN 1 Banjarsari terdampak dari hujan disertai angin kencang. Akibatnya pasca bencana alam, puluhan siswa harus belajar di dalam tenda darurat yang disiapkan oleh Dinas Sosial Kota Serang.

Turut mendampingi pada kunjungan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Wasis Dewanto, Sekretaris Dindikbud Kota Serang Nursalim, Lurah Banjarsari Roni Rohmat, perwakilan dari Polres Serang Kota Serang dan Koramil Cipocokjaya.

Walikota Serang Syafrudin menyatakan, para siswa sudah dapat kembali melaksanakan kegiatan belajar di ruang kelasnya yang terdampak bencana alam hujan disertai angin kencang seperti biasa. “Alhamdulillah hari ini (kemarin -red) bisa datang langsung melihat, dan sudah diperbaiki semuanya. Para siswa pun sudah belajar di ruang kelasnya,” ujar Syafrudin, di hadapan awak pers setelah meninjau sekolah.

Adapun kekurangan yang masih belum diperbaiki, lanjut dia, pihaknya akan meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang untuk segera memperbaiki.
"Untuk sekolah semuanya sudah diperbaiki dan tidak ada kekurangan. Hanya tadi ada tiang bendera rusak yang belum diperbaiki. Nanti secepatnya akan diperbaiki agar siswa bisa upacara. Hari ini saya minta dindik segera perbaiki langsung," ucap dia.

Setelah mengunjungi SDN 1 Banjarsari, Syafrudin pun menyempatkan tandang ke kantor Kelurahan Banjarsari yang letaknya persis di samping sekolah. Kunjungan orang nomor satu di Kota Serang itu untuk melihat kondisi kantor yang juga rusak akibat hujan disertai angin kencang.“Kantor kelurahan juga rusak, tadi kami sempat mampir. Nanti akan diperbaiki secepatnya, sudah koordinasi juga dengan lurahnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dindikbud Kota Serang Wasis Dewanto menyebutkan, ruang yang rusak atap kelas VI berdiamater sekitar tiga meter. Pihaknya merespons cepat melakukan perbaikan pada, Jumat (15/11) sore, dengan menurunkan tim dari Dindikbud.

"Selain ruang kelas, ada dua asbes di perpustakaan yang terbang entah kemana. Jadi kami langsung memperbaiki semuanya. Sehingga pada, Sabtu (16/11) para siswa sudah bisa kembali melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasa," ujar Wasis.

Ia juga meminta kepada seluruh kepala sekolah se-Kota Serang untu melakukan pemeriksaan terhadap bangunan gedung sekolahnya masing-masing. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi sebelum kejadian.“Mudah-mudahan kejadian ini tidak terjadi lagi. Kami pun meminta kepada pihak sekolah yang ada di Kota Serang untuk memeriksa bangunan sekolah. Hal itu untuk antisipasi agar tidak ada kejadian serupa di kemudian hari,” ungkap dia.

 Ditemui di ruang kerjanya, Kepala SDN Banjarsari 1 Maslatifah mengucapkan rasa syukur tak terhingga atas respons Pemkot Serang yang begitu cepat terhadap musibah bencana alam yang dialami sekolahnya.“Saya mewakili atas nama sekolah (SDN 1 Banjarsari) mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah, wabil khusus pak walikota, pak wakil walikota, dan dinas terkait,” ujar Maslatifah.  

Ia mengungkapkan, kegiatan belajar di dalam tenda tidak berlangsung lama. Sebab, dua hari pasca hujan angin, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) langsung melakukan perbaikan. Kemudian, rencananya sejumlah bangunan akan direnovasi.“Atap kelas, ruang guru dan perpustakaan, Alhamdulillah sudah selesai diperbaiki semuanya. Memang, masih ada bangunan lama, seperti perpustakaan. Tapi rencananya Dindik akan merenovasi bangunan itu. Ini juga sekaligus untuk antisipasi adanya kejadian tersebut," ungkap dia.

Maslatifah menyebutkan, pada saat kejadian, malam harinya Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin telah meninjau sekolah tersebut untuk melihat kondisi dan kerusakan yang terjadi.
"Jadi Wakil Wali Kota langsung datang meninjau sekalian melihat kondisi sekolah, rumah warga dan kantor kelurahan yang terkena dampak dari hujan angin,” sebutnya.

Pada saat kejadian, kata dia, para siswa sudah pulang dan hanya ada beberapa guru serta dirinya yang masih berada di sekolah. "Alhamdulillah tidak ada korban. Siswa sudah selesai belajar dan sudah pada semuanya. Jadi tinggal guru-guru aja yang ada," tutup dia. (harir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook