Waspada Gelombang Besar di Selat Sunda

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Rabu, 20 November 2019 - 13:22:44 WIB   |  dibaca: 255 kali
Waspada Gelombang Besar di Selat Sunda

TAK MELAUT : Sejumlah perahu nelayan bersandar di pesisir Pantai Karoeng, Kecamatan Pagelaran, Selasa (19/11). Para nelayan lebih memilih tak melaut, lantaran kondisi laut sedang buruk.

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Nelayan di Pandeglang Selatan diimbau untuk mewaspadai ancaman gelombang besar di perairan laut Selat Sunda.Imbauan tersebut dikeluarkan lantaran di musim peralihan cuaca tahun ini intensitas hujan akan disertai angin kencang.

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang Endan Permana menerangkan, peringatan cuaca beberapa hari terakhir harus menjadi acuan bagi nelayan.

Sebab, kondisi gelombang laut saat ini cukup tinggi. Oleh karena itu, nelayan yang biasa melaut untuk selalu waspada. "Dari perkiraan gelombang laut sekarang mencapai 1.5 meter sampai 2 meter. Jadi nelayan harus tetap waspada," kata Endan, kepada Banten Raya, Selasa (19/11).

Endan mengatakan, peringatan tersebut berdasarkan informasi yang diterima BPBD dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). "Itu hasil laporan yang kami terima dari BMKG. Kami berharap nelayan harus selalu siaga dalam melakukan aktivitas pelayaran," ucapnya.

Kepala BPBD Pandeglang Surya Darmawan menyebutkan, saat ini sudah mulai terjadi perubahan cuaca. Surya mengingatkan, hingga akhir tahun 2019 wilayah Kabupaten Pandeglang akan diguyur hujan. Berdasarkan prakiraan cuaca yang diperoleh, intensitas hujan sedang dan lebat disertai angin kencang. "Kami imbau warga agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari hujan yang terjadi di perubahan cuaca," katanya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook