Kekompakan Warga, Modal pada Penilaian Kedua

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 21 November 2019 - 10:17:06 WIB   |  dibaca: 35 kali
Kekompakan Warga, Modal pada Penilaian Kedua

CARENANG – Lingkungan RT 017 RW 05, Kampung Bayongbongpintu, Desa Pamanuk, Kecamatan Carenang, telah berubah menjadi bersih dan indah. Penyebabnya, kekompakan warganya yang mandiri. Hal itu menjadi modal kampung itu untuk meraih hasil maksimal pada penilaian tahap kedua Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019, Desember nanti.    

Perubahan wajah lingkungan Bayongbongpintu diketahui ketika tim 8 juri LKBA Kabupaten Serang melakukan penilaian, Rabu (20/11). Sambutan meriah diberikan oleh warga dan aparat Desa Pamanuk dengan lantunan kasidah. Siswa dan siswi PAUD tak ketinggalan menyambut kedatangan tim juri.

Sambutan itu menjadi tanda lingkungan Bayongbongpintu telah siap dinilai. Warga telah mendirikan gapura di pintu masuk kampungnya. Taman kecil serta spot swafoto untuk pengunjung atau tamu warga Bayongbongpintu juga telah dibangun. Hiasan gantung dan pengecatan juga dilakukan warga untuk memperindah suasana kampungnya.

Semua itu dilakukan warga secara swadaya. Warga rela memberikan iuran agar kampungnya bersih dan indah.

Tim 8 juri LKBA pun menilai, penataan lingkungan Bayongbongpintu sudah bagus. “Meski begitu, masih ada beberapa catatan dari tim juri yang diharapkan bisa dibenahi sebelum penilaian kedua pada Desember mendatang,” ujar Rahmat Hidayat, anggota tim 8 juri LKBA.

Rahmat menyebutkan kekurangan lingkungan Bayongbongpintu. Yakni, penghijauan di rumah warganya. “Saluran air juga perlu dibersihkan agar tidak ada genangan,” katanya.

Pos ronda di Bayongbongpintu, menurut AKP Markum, juga telah ditata dengan apik. Warga, pengurus lingkungan, dan pemerintah desa tinggal melengkapi beberapa sarana dan prasarananya. Di antaranya, buku tamu atau buku mutasi.“Ke depan, peralatan pos ronda di kampung ini harus dilengkapi,” tegas anggota tim 8 juri LKBA.

Muklis, koordinator warga Bayongbongpintu untuk LKBA mengaku, akan berupaya melengkapi kekurangan di kampungnya. “Kita akan segera menindaklanjuti masukan-masukan dari tim juri agar saat penilaian kedua, Kampung Bayongbongpintu bisa lebih baik,” tandasnya. (rio/ang/don/ira)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook