Lingkungan Pegandikan Kategori Baik

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 21 November 2019 - 10:20:46 WIB   |  dibaca: 31 kali
Lingkungan Pegandikan Kategori Baik

LEBAKWANGI – Penataan lingkungan RW 001, Kampung Pegandikan, Desa Pegandikan, Kecamatan Lebakwangi, masuk kategori baik. Penilaian spontan itu diberikan tim 6 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019 setelah melihat lingkungan Kampung Pegandikan, Rabu (20/11).

Pantauan Radar Banten, penataan lingkungan Kampung Pegandikan meliputi penempatan pot bunga, pengecatan jalan menuju perkampungan, dan pengecatan pos ronda di tengah kampung. Untuk menata kampung, warga membutuhkan waktu tak kurang dari dua minggu.

Kedatangan tim juri sekira pukul 11.30 WIB disambut meriah oleh lebih dari seratus warga Kampung Pegandikan. Tua, muda, hingga anak-anak berkumpul. Kesenian kendang pencak di bawah binaan Pemerintah Desa Pegandikan ikut meramaikan suasana.

Salah satu tim 6 juri LKBA Kabupaten Serang, Kompol Asep Effendi menyatakan bahwa penataan Kampung Pegandikan masuk kategori baik, termasuk partisipasi warganya dalam menata lingkungan. “Penataan kampungnya sudah banyak perubahan. Ini masuk kategori baik,” tegasnya kepada Radar Banten usai melakukan penilaian.

Pria yang akrab disapa Asep itu menjelaskan dasar penilaiannya. Yakni, karena penataan lingkungan dimulai dari pintu masuk kampung yang dilengkapi gapura, pengecatan jalan paving block, pot bunga, dan penataan pos ronda.“Dari tiga desa yang dikunjungi hari ini (kemarin-red), Kampung Pegandikan yang paling tertata,” tandasnya.“Warganya pun terlihat antusias menyambut kedatangan tim juri. Saya melihat warganya kompak,” sambung Asep.

Kendati demikian, Asep mengingatkan bahwa lingkungan Kampung Pegandikan masih memerlukan penataan lanjutan. Sesuai catatan tim juri, adalah tong sampah, tempat pembuangan sampah, hingga penambahan beberapa catatan administrasi di pos ronda.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Pegandikan Tati Sugiarti mengaku lega setelah menunggu tim juri sejak pagi hari. “Alhamdulillah, masyarakat antusias. Penataan kampung kita dinilai baik,” ujarnya.“Memang ada beberapa catatan dari tim juri seperti tong sampah harus ada di tiap rumah sampai dengan urusan administrasi keamanan lingkungan,” imbuhnya.

Sementara, Ketua RW 001, Kampung Pegandikan, Sobari  menjelaskan bahwa penataan lingkungan Kampung Pegandikan membutuhkan waktu dua pekan. “Masyarakat, alhamdulillah, dari unsur pemuda, tokoh masyarakat, mendukung kegiatan. Warga swadaya menata kampung,” tuturnya.

Soal catatan atau saran tim juri, Sobari berjanji pihaknya akan melaksanakannya. Sehingga, pada penilaian tahap kedua, Desember nanti, Kampung Pegandikan bisa mendapatkan nilai terbaik. “Selanjutnya, kita tampilkan sesuai tema lomba, Kampung Bersih dan Aman,” tukasnya. (fdr/don/ira)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook