Semua Kecamatan Berpotensi Longsor

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Kamis, 21 November 2019 - 11:27:48 WIB   |  dibaca: 38 kali
Semua Kecamatan Berpotensi Longsor

WASPADA: Kepala Pelaksana BPBD Lebak Kaprawi mengimbau masyarakat Cimarga untuk meningkatkan kewaspadaan saat hujan deras, belum lama ini.

LEBAK, BANTEN RAYA- Masyarakat Lebak harus lebih hati-hati dan waspada memasuki musim hujan saat ini. Sebab berdasarkan peta perkiraan yang diterbitkan Dinas Energi dan Sumber Daya Alam Provinsi Banten, serta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Bandung, Jawa Barat, semua kecamatan di Lebak berpotensi terjadi gerakan tanah/longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak Kaprawi menjelaskan, berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, sebanyak 21 kecamatan di Lebak potensi terjadinya longsor cukup tinggi. Sedangkan enam kecamatan lainnya diperkirakan potensi longsornya sedang.

Menurutnya, Lebak salah satu wilayah di Banten yang berpotensi terjadi gerakan tanah atau longsor. Bahkan dari data yang dikeluarkan secara resmi oleh pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, masing-masing wilayah kecamatan di Lebak, seluruhnya berpotensi terjadap terjadinya bencana longsor.

“Meski baru berupa perkiraan, namun untuk mencegah hal-hal yang tida kita inginkan, maka seluruh masyarakat di Lebak kami imbau untuk meningkatkan kewaspadaan selama musim hujan terjadi,” ujar Kaprawi, kemarin.

Selain perkiraan terhadap kemungkinan terjadinya pergerakan tanah atau bencana longsor, maka awal musim hujan yang saat ini terjadi, bisa mengakibatkan pula terhadap terjadinya badai maupun gelombong tinggi di perairan laut Lebak Selatan.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar para nelayanpun diminta untuk meningkatkan kepawsapadannya. “Kami harap, setelah dilakukan imbauan kepada masyarakat, maka selama musim hujan terjadi di Lebak, tidak ada satu pun masyarakat yang mengalami hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan bahwa di Lebak terdapat sejumlah kecamatan yang termasuk rawan longsor. Namun, setelah diterbitkannya surat yang sisinya perkiraan terhadap kemungkinan pergerakan tanah atau bencana longsor yang berpotensi terjadi diseluruh kecamatan di Lebak, tentu semua pihak harus mewaspadinya. “Selama musim hujan melanda, mari kita siaga dan selalu waspada untuk mencegah hal-hal yang tida kita inginkan,” kata Febby. (hudaya/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook