Baca Quran Jadi Tes Masuk Masuk SLTA Negeri

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Kamis, 21 November 2019 - 11:47:27 WIB   |  dibaca: 344 kali
Baca Quran Jadi Tes Masuk Masuk SLTA Negeri

BELAJAR: Kegiatan belajar mengajar di kelas yang dilakukan peserta didik Pondok Pesantren Turus Pandeglang, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA-Kantor Cabang Dinas (KCD) Pandeglang, pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten melayangkan surat edaran kepada sekolah pada jenjang pendidikan SMP/MTs dan sederajat untuk memberikan pendidikan baca Alquran, untuk mempersiapkan masuk SMA/SMK Negeri di Kabupaten Pandeglang.

Hal tersebut diungkapkan Holil, Kepala KCD Pandeglang pada Dindikbud Banten Menurutnya, kondisi saat ini sangat memprihatinkan, banyak peserta didik SMA dan SMK di Pandeglang yang belum bisa membaca Alquran.

Padahal, Pandeglang memiliki julukan seribu kiayi sejuta santri."Belum lagi pengaruh globalisasi, dimana informasi yang kurang baik bagi peserta didik mudah didapatkan," kata Holil kepada Banten Raya di Kantor Dindikbud Banten, Rabu (20/11).

Ia mengaku, untuk membudayakan literasi Alquran dikalangan pelajar, pihaknya sudah melayangkan surat edaran kepada sekolah pada jenjang pendidikan SMP/MTs dan sederajat untuk mempersiapkan peserta didiknya untuk mengajarkan baca Alquran jika ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan SMA dan SMK Negeri di Kabupaten Pandeglang."Persyaratan ini tentunya hanya berlaku bagi calon peserta didik yang berada Islam, sedangkan yang non Islam hanya menggunakan sistem zonasi," ungkapnya.

Terkait dengan sistem zonasi, Holil mengatakan bawah zonasi tetap digunakan karena hal tersebut merupakan kebijakan Pemerintah Pusat, sedangkan khusus SMA dan SMK negeri di Pandeglang ditambah dengan tes membaca Alquran saat proses penerimaan peserta didik baru.

"Kami pun sudah memberikan sosialisasi kepada SMA dan SMK di Kabupaten Pandeglang, untuk melakukan tes baca Alquran pada saat proses penerimaan peserta didik baru tahun depan. Jadi selain menggunakan zonasi, khusus di Kabupaten Pandeglang ada tes baca Alquran jika ingin sekolah di SMA dan SMK Negeri," tegasnya.

Holil berharap dengan adanya baca Alquran sebagai salah satu tes masuk SMA dan SMK Negeri di Banten, bisa menjadi bekal bagi peserta didik dimasa yang akan datang. Masih kata Holil, bahwa pihak pengelola SMP/MTs dan sederajat bisa mempersiapkan peserta didiknya agar bisa membaca Alquran dengan baik dan benar."Masih ada wkatu sekitar enam bulan bagi SMP/MTs dan sederajat untuk mempersiapkan peserta didiknya, agar bisa membaca Alquran," tegasnya.

Ia menambahkan, saat ini peserta didik pada jenjang pendidikan SMA/SMK dan sederajat baik negeri maupun swasta di Kabupaten Pandeglang sudah mewajibkan untuk membaca Alquran sebelum pelajaran dimulai. "Artinya literasi Alquran sudah kami lakukan," imbuhnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook