Program Berjangka Bantu Siapkan Atlet Berprestasi

nurul roudhoh   |   Banten Sport  |   Kamis, 21 November 2019 - 12:01:21 WIB   |  dibaca: 18 kali
Program Berjangka Bantu Siapkan Atlet Berprestasi

FOTO BERSAMA : Pelatih dan peserta pelatihan pelatih fisik berfoto bersama usai mengikuti praktek di lapangan.

SERANG, BANTEN RAYA – Pelatih harus bisa menyiapkan program berjangka agar atletnya bisa meraih prestasi saat bertanding di berbagai kejuaraan. Oleh karena itu, perlu persiapan program jangka pendek persiapan umum, jangka menengah, pra kompetisi dan kompetisi agar atlet bisa juara. Tanpa program yang terarah mustahil prestasi bisa diraih.

Pemateri Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional Ria Lumintuarso menuturkan, ada empat tahap untuk mempersiapkan atlet untuk berkompetisi yakni persiapan umum, persiapan khusus, pra kompetisi dan kompetisi. Untuk umum pelatih fisik harus membuat program terarah untuk atletnya dan wajib dicatat untuk mengetahui perkembangan latihan.

Minimal persiapan umum dilakukan 2 atau 3 bulan sebelum kompetisi. “Kalau persiapan umum yang dilatih fisik dan teknik. Harus dicatat perkembangan setiap hari untuk data base. Nantinya data tersebut diperiksa dan dibandingkan untuk melihat apakah latihan ada peningkatan. Jika tidak ada maka harus menyusun latihan dan konsultasi agar ada peningkatan,” jelasnya.

Sementara untuk persiapan menengah dan pra kompetisi, atlet lebih condong mulai memadukan teknik, fisik, stamina dengan cara laga persahabat dengan lawan yang lebih tangguh. Di tahap ini pelatih bisa melakukan evaluasi hal lemah apa yang masih diderita atletnya. Kelemahan ini bisa diperbaiki agar atlet lebih bagus dan siap untuk berkompetisi dan berprestasi.

“Sebelum kompetisi semua kelemahan harus ditambal sehingga nantinya atlet siap berlaga. Disini peran krusial seorang pelatih mulai menyiapkan program agar atlet berprestasi dan program tidak boleh sembarangan. Pelatih juga diharapkan berkonsultasi dengan pelatih yang berpengalaman untuk menambah ilmu,” tutupnya. (hendra)  

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook