Banten Pertahankan Gelar Juara Umum

nurul roudhoh   |   Banten Sport  |   Kamis, 21 November 2019 - 12:04:03 WIB   |  dibaca: 49 kali
Banten Pertahankan Gelar Juara Umum

JUARA UMUM : Kontingen pencak silat Banten berhasil menjadi juara umum Festival Nasional Pencak Silat Seni di Samarinda, Kalimantan Timur yang dihelat 15 hingga 18 November.

KALTIM, BANTEN RAYA - Tim Banten berhasil mempertahankan gelar juara umum pada ajang Festival Nasional Pencak Silat Seni yang berlangsung dari 15 hingga 18 November di Samarinda, Kalimantan Timur. Kepastian itu didapat setelah tim Banten berhasil mengemas lima medali emas dan satu perak.

Dari data yang didapat Banten Raya, kelima emas tersebut dipersembahkan, Syalwa Aulia Sodikin di kategori perorangan putri, Imanulloh dan Fadlun Najah di kategori berpasangan putra, Siti Choirul Imama dan Imelda Rahmawati Utami di kategori berpasangan putri, Diah Wardah, Nani Sukartini, Rika Rahmi, Muhammad Yusuf, dan Tita Damayanti di kategori berkelompok, dan emas terakhir di raih Banten pada kategori kelompok terbaik yang diterima oleh IPSI Banten. Sementara satu perak diraih Muhammad Haekal El Kautsar pada kategori perorangan putra.

Menanggapi hasil tersebut, Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banten, Ajat Sudrajat mengaku senang atas prestasi para pesilat Banten. Sebab, Banten masih mampu mempertahankan gelar juara umum di ajang ini.

"Alhamdulillah, Banten masih bisa mempertahankan gelar juara umum ini, ini merupakan gelar juara umum yang kedua dikepemimpian saya, dan artinya silat Banten sangat diperhitungkan di nasional," katanya, Rabu (20/11).

Untuk evaluasi sendiri, dikatakannya, perlu digelorakan kembali festival seni pencak silat di Banten, agar lebih banyak melibatkan semua perguruan pencak silat di Banten, serta dalam rangka menggali potensi bibit-bibit muda dari perguruan. "Sehingga tradisi juara umum di ajang festival nasional ini, bisa terus dipertahankan oleh Banten," ujarnya.

Ia menuturkan, dua tahun lalu, tim Banten pertama kalinya meraih gelar juara umum di ajang yang serupa, dan mampu mewakili Indonesia di kejuaraan festival seni dunia. "Waktu itu, pesilat Banten berhasil mendapatkan dua kategori terbaik di festival dunia. Dan mendapatkan bonus dari Pemprov Banten melalui Dispora sebesar Rp 5 juta per kategori, walaupun bonus ini kecil dibandingkan peraih prestasi tingkat dunia lainnya, tapi ya kami syukuri saja," tutur Ajat.

Informasinya, juara umun pada tahun 2019 ini, kembali akan mewakili festival seni pencak silat dunia yang akan berlangsung di Malaysia. "Semoga, Banten bisa berangkat ke kejuaraan dunia, dan semoga juga ada dananya. Kami tentu berharap, karena juga membawa nama baik Banten, Pemprov Banten bisa mendukungnya," tutup dia. (basyar/hendra)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook