Kesehatan Anggota Dewan Diperiksa

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 21 November 2019 - 13:02:46 WIB   |  dibaca: 82 kali
Kesehatan Anggota Dewan Diperiksa

KONSENTRASI : Anggota DPRD Kabupaten Serang menjalani tes minnesota multiphasic personality inventor (MMPI) atau psikotes di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Serang, Rabu (20/11).

SERANG, BANTEN RAYA – Sekretariat DPRD Kabupaten Serang bekerjasama dengan Rumah Sakit Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang melakukan pemeriksaan kesehatan seluruh anggota DPRD Kabupaten Serang. Pemeriksaan kesehatan anggota DPRD Kabupaten Serang rutin dilakukan satu tahun sekali untuk memastikan kesehatan mereka dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

“Ada hak anggota dewan untuk memperoleh jaminan kesehatan. Kita bentuknya medical check up atau pemeriksaan menyeluruh. Yang diperiksa fisiknya, medisnya, dan psikisnya semua dicheck up. Kepentingannya untuk mereka (anggota dewan-red) sendiri. Kalau ketahuan ada penyakit untuk segera di obati. Pengobatannya nanti ada BPJS,” ujar Odi Budiono, Sekretaris DPRD Kabupaten Serang, Rabu (20/11).

Ia menjelaskan, medical check up yang dilakukan agar para anggota DPRD kondisinya tetap sehat sehingga kinerja mereka tetap optimal. “Kita tahu yang namanya anggota dewan sering ke sana kemari, sibuk ngurusin masyarakat, dan juga sering keluar kota untuk kunker (kunjungan kerja). Sebenarnya sebelum menjadi anggota dewan mereka sudah melakukan medical check up, ini mah antisipasi saja,” katanya.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan juga dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kelelahan atau tiba-tiba sakit saat melaksanakan tugas. “ Check up ini dilakukan setiap tahun dan biasanya akhir tahun. Kebetulan anggota dewan yang sekarang kan masih baru. Mudah-mudahan enggak ada yang punya penyakit yang membahayakan. Hasil check up nanti disampaikan kepada yang bersangkutan,” tuturnya.

Adapun tugas-tugas anggota DPRD yang memerlukan kesehatan prima di antaranya saat melakukan pengawasan, menghadiri kegiatan-kegiatan masyarakat temasuk saat menggelar rapat-rapat anggaran yang biasa pembahasannya selesai menjelang subuh. “Terus juga saat membahas legislasi, itu kan memelukan pemikiran yang serius karena berkaitan dengan perundang-undangan,” ungkapnya.

Untuk tes kesehatan umum sendiri seperti tes psikologi dilakukan dua hari di ruang rapat paripurna DPRD kabupaten Serang, sedangkan untuk pemeriksaan medisnya dilakukan di RSDP Serang. “Yang belum sempet hari ini (kemarin-red) bisa besok. Untuk pemeriksaan medisnya kita harapkan bisa cepat selesai juga. Semua anggota sudah tahu kalau mau ada medical check up,” katanya. (tanjung/fikri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook