Warga Tertipu Loket Pembayaran Listrik Palsu

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Kamis, 21 November 2019 - 14:01:22 WIB   |  dibaca: 151 kali
Warga Tertipu Loket Pembayaran Listrik Palsu

BONGKAR PENIPUAN : Kantor PLN di Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang.

KAB TANGERANG, BANTEN RAYA - Sejumlah warga Kecamatan Cisoka, Solear, Jayanti, Balaraja, dan Kecamatan Tigaraksa, Kabupten Tangerang tertipu loket pembayaran listrik palsu yang berlokasi di Pasar Kecamatan Cisoka. Kasus penipuan itu terbongkar oleh manajemen PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cikupa setelah mendapatkan informasi dari konsumen.

Asisten Pelayanan Konsumen PLN UP3 Cikupa Hara Agum Gumelar menjelaskan, kasus penipuan ini terbongkar saat pihaknya melakukan penagihan kepada sejumlah konsumen di Kecamatan Cisoka, Solear, Jayanti, dan Kecamatan Tigaraksa. Namun konsumen itu merasa tidak pernah menunggak pembayaran listrik karena sudah membayar di loket pembaran listrik yang berlokasi di Pasar Cisoka.

“Setelah kami periksa, struk pembayaran konsumen itu palsu. Dan berdasarkan data kami, loket pembayaran listrik yang berlokasi di Pasar Cisoka itu tidak pernah bekerjasama dengan PLN,” jelasnya kepada wartawan di kantor PLN UP3 Cikupa, Rabu (20/11).

Setelah mendapatkan fakta itu, lanjut Hara, pihaknya langsung mendatangi loket pembayaran listrik tersebut. Namun loket pembayaran listrik itu sudah tidak beroperasi alias tutup. Untuk itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Kepolisian Resort Tangerang Kota (Polresta) untuk menindaklanjuti informasi tersebut. “Tapi, pihak Polresta Tangerang meminta agar warga yang menjadi korban penipuan itu untuk membuat laporan,” ujarnya.

Untuk itu, Hara meminta warga yang menjadi korban penipuan loket pembayaran listrik ilegal itu untuk segera melapor ke Polresta Tangerang agar bisa ditindaklanjuti. Selain itu, pihaknya meminta agar konsumen yang menunggak segera menyelesaikan pembayaran. “Dalam kesempatan ini, saya juga mengimbau kepada konsumen PLN untuk teliti dalam transaksi pembayaran. Pilihlah loket pembayaran yang benar-benar resmi,” katanya.

Terpisah, salah seorang warga Kampung Lodong, Kecamatan Solear, Mainik (55) mengatakan, awalnya ia tidak curiga kepada loket pembayaran lsitrik yang berlokasi di Pasar Cisoka itu. Namun ia kaget saat pihak PLN mengirim surat pemutusan aliran listrik di rumahnya karena dituduh telah menunggak pembayaran. Padahal, Minik merasa tidak pernah telat untuk membayar listrik. “Saya memperlihatkan struk pembayaran, tapi pihak PLN bilang itu struk palsu,” kata Minik sambil memperlihatkan struk pembayaran listriknya.

Minik menambahkan, merasa telah tertipu ia langsung mendatangi loket pembayaran itu, namun sudah tidak ada aktivitas. Untuk itu, dirinya akan segera melaporkan penipuan itu ke Polresta Tangerang. “Secepatnya, saya akan lapor polisi. Mungkin besok saya akan buat laporan,” katanya. (imron)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook