Lahan Perkebunan di Kadubadak Terbakar

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Kamis, 21 November 2019 - 14:04:07 WIB   |  dibaca: 78 kali
Lahan Perkebunan di Kadubadak Terbakar

ANGSANA, BANTEN RAYA - Lahan perkebunan seluas 5.000 meter di Desa Kadubadak, Kecamatan Angsana, Kabupaten Pandeglang ludes terbakar, Rabu (20/11).Sambas, warga Desa Kadubadak mengatakan, kebakaran terjadi lantaran ada warga yang membakar alang-alang di lokasi kebun. "Awalnya ada yang bakar alang-alang di situ, mungkin karena angin cukup kencang api merambat ke perkebunan," kata Sambas, dihubungi melalui telepon selulernya, kemarin.

Menurutnya, api tidak begitu besar karena dapat dipadamkan oleh warga dibantu petugas pemadam kebakaran dari pemerintah daerah. "Gak apa-apa, Alhamdulillah api gak terlalu besar, langsung bisa dipadamkan," ujarnya.

Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Angsana Beni Madsira membenarkan, lahan perkebunan yang terbakar di Desa Kadubadak sudah mulai padam. Beni mengimbau, masyarakat untuk tidak membakar lahan di areal perkebunan. Sebab, saat ini sedang musim kemarau. "Kami imbau masyarakat jangan membakar lahan sembarangan karena sekarang lagi kemarau, sehingga sangat rentan terjadi kebakaran lahan," imbuhnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, Surya Darmawan menyebutkan, setelah mendapatkan laporan dari warga ada lahan perkebunan di Desa Kadubadak yang terbakar, pihaknya langsung menerjunkan petugas untuk memadamkan api. "Petugas kami sudah menuju lokasi kejadian untuk membantu memadamkan api," katanya.

Dijelaskannya, berdasarkan laporan yang diterima BPBD bahwa kebakaran itu dipicu adanya warga yang membakar alang-alang. "Kejadian itu pembukaan lahan pertanian dengan cara dibakar. Di mana petani sedang membersihkan lahan persiapan musim tanam, tapi dekat pemukiman. Namun karena ingin cepat selesai, api dibiarkan membesar dan angin cukup kencang, akhirnya tidak terkendali," jelasnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook