Sistem Satu Arah Akan Dipermanenkan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 03 Mei 2019 - 12:16:26 WIB   |  dibaca: 193 kali
Sistem Satu Arah Akan Dipermanenkan

BINGUNG: Warga bertanya kepada petugas saat uji coba sistem satu arah, beberapa waktu lalu. Pemerintah Kota Serang berencana mempermanenkan sistem satu arah ini.

SERANG- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang berencana akan menerapkan sistem satu arah secara permanen setelah melihat efek positif dari pemberlakuan sistem tersebut. Dalam dua kali uji coba, sistem ini diklaim mampu mengurangi kemacetan di tengah kota.

Walikota Serang Syafrudin mengatakan bahwa ia mengapresiasi sistem satu arah yang sudah diujicobakan selama 2 kali. Ia sendiri mengaku melewati ruas jalan yang diberlakukan uji coba sistem satu arah dan dia melihat hasilnya cukup baik guna mengurangi kemacetan yang ada di dalam kota.

Untuk itu ia menyatakan kemungkinan akan memberlakukan sistem satu arah secara permanen.“Akan dipermanenkan insya Allah,” kata Syafrudin usai membuka acara Pekan Olahraga Pelajar Kota Serang, di Gedung Gelanggang Remaja Kompleks Stadion Maulana Yusuf Ciceri, Kamis (2/5).

Kemungkinan dasar hukum yang akan digunakan untuk menerapkan sistem satu arah secara permanen adalah dengan keputusan walikota atau peraturan walikota bukan dengan peraturan daerah.

Meski demikian karena salah satu ruas jalan yaitu Jalan Ahmad Yani merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten maka keputusan mempermanenkan sistem satu arah akan didiskusikan terlebih dahulu dengan Dinas Perhubungan Provinsi Banten.“Mungkin perwal atau kepwal kalau perda terlalu jauh. Nanti akan saya kaji dengan bagian hukum,” ujarnya.

Syafrudin mengaku sistem satu arah merupakan solusi jangka pendek guna mengurai kemacetan di Ibukota Provinsi Banten. Ke depan langkah yang akan diambil guna mengurangi kemacetan adalah dengan memperlebar ruas jalan yang saat ini masih sempit.“Kelihatannya sistem satu arah ini efektif. Nanti akan kita buat aturannya mudah-mudahan semua masyarakat bisa menerima,” tuturnya.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Serang Wawan Hermawan mengatakan bahwa uji coba tahap kedua akan berakhir hari ini dan pada hari ini juga akan dilakukan evaluasi terhadap penerapan sistem satu arah. Ia mengklaim sistem ini mampu mengurangi kemacetan yang ada di tengah kota.

Ia juga mengklaim masyarakat sudah banyak yang mengetahui tentang sistem ini sehingga petugas Dishub Kota Serang yang berjaga di lapangan cukup hanya berdiam diri di pinggir jalan tanpa perlu mengatur arus lalu lintas karena masyarakat sudah dengan sendirinya mengetahui sistem satu arah ini.Wawan menyatakan bahwa penerapan sistem arah secara permanen bergantung pada keputusan dari Walikota Serang, terutama setelah melihat hasil dari uji coba selama 2 kali uji coba. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook