409 Ruang Kelas SDN Rusak

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Jumat, 22 November 2019 - 12:07:03 WIB   |  dibaca: 66 kali
409 Ruang Kelas SDN Rusak

BANYAK PR: Tiga warga melintas di Kantor Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupten Tangerang, kemarin.

KAB TANGERANG, BANTEN RAYA - Perhatian terhadap infrastruktur pendidikan yang aman dan layak masih menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang. Pasalnya, berdasarkan data dari Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Tangerang, tahun ini masih terdapat 409 ruang kelas SDN yang masuk kategori rusak berat dan sedang.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar pada Dindik Kabupaten Tangerang, Mamat Matlubi mengatakan, 409 ruang kelas SDN yang kondisinya rusak berat sudah diusulkan ke Pemkab Tangerang melalui Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB) untuk segera diperbaiki. Selama bangunan itu belum diperbaiki, pihaknya hanya melakukan deteksi dini agar bangunan sekolah tidak ambruk, seperti yang terjadi di SDN Malang Nengah II, Kecamatan Pagedangan, beberapa waktu lalu.

"Kami sudah koordinasikan dengan DTRB. Hasilnya, Sekolah yang mengalami rusak berat bakal direnovasi secara bertahap, agar anak didik nyaman dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar," kata Mamat kepada wartawan di Kantor Dindik Kabupten Tangerang, Kamis (21/11).

Tahun ini, kata Mamat, pihaknya telah mengusulkan sekitar 100 sekolah yang masuk tahap rehab berat. Sedangkan 300 lebih ruang kelas yang rusak berat akan direnovasi pada tahun anggaran 2020 dan 2021. "Seperti sekolah ambruk di SDN Malang Nengah, Kecamatan Pagedangan beberapa waktu lalu, padahal itu masuk jadwal rehab berat pada tahun 2020. Tapi sebelum direhab sudah ambruk duluan," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Mamat meminta semua pihak untuk mewaspada terhadap kondisi sekolah yang sudah rusak berat, diantaranya memindahkan kegiatan belajar mengajar ke ruang kelas yang masih baik, atau kegiatan belajar mengajar dibuat dua shift pagi dan siang.

Hal itu perlu dilakukan daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. "Kalau sudah terjadi ambruk seperti yang terjadi di SD Malang Nengah II, tentu siswa juga harus diberikan tempat sementara untuk belajar yang layak," tegasnya.Diberitakan sebelumnya, atap ruang kelas SDN 2 Malang Nengah, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Senin (11/11) malam ambruk. Diduga, atap ruang kelas ambruk karena rangka kayu sudah lapuk. (imron).

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook