Pasca Puting Beliung, Warga Pasirlor Kembali Menata Kampungnya

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 29 November 2019 - 10:16:24 WIB   |  dibaca: 127 kali
Pasca Puting Beliung, Warga Pasirlor Kembali Menata Kampungnya

MANCAK – Lingkungan RT 09 RW 04, Kampung Pasirlor, Desa Sigedong, Kecamatan Mancak, menjadi salah satu wilayah yang disapu puting beliung, 13 November lalu. Hasil warga menata kampungnya rusak. Bencana alam itu tidak menyurutkan warganya. Mereka membenahi kembali lingkungannya untuk penilaian tahap kedua Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019.

“Seperti pagar-pagar yang sudah terpasang, roboh semua. Genting rumah warga juga banyak yang rusak. Oleh karena itu, warga mulai menata kembali untuk menghadapi penilaian tahap kedua,” ungkap Miftahudin yang ditunjuk sebagai ketua panitia pelaksana LKBA Kampung Pasirlor, Kamis (28/11).

Ia menjelaskan, saat ini, warga Pasirlor tidak hanya mengembalikan hasil gotong royong mereka dalam menata kampung. Salah satunya, pemagaran dan pengecatan jalan lingkungan. 

Sesuai saran dari tim juri LKBA pada penilaian tahap pertama, warga melakukan penghijauan di rumah masing-masing. Rencananya, setiap rumah minimal sepuluh, memiliki bunga di dalam pot.

“Perpustakaan mini juga akan dibangun di pos ronda. Dengan tujuan, ketika anak-anak mendatangi pos ronda, bisa sambil belajar dengan membaca buku-buku yang telah disediakan,” terang Miftahudin.

Ketua RT 09 RW 04, Kampung Pasirlor, Saniman menyampaikan apresiasi terhadap warganya. Warga Pasirlor tidak hanya semangat menata kampungnya kembali. Tetapi, juga ikhlas secara swadaya membantu membangun jamban untuk dua tetangganya. Ada warga yang menyumbang semen, kloset, hingga pipa untuk instalasi jamban. Pembuatan septic tank-nya dikerjakan warga secara gotong royong.

“Kebetulan, di kampung kami ada dua rumah yang belum memiliki jamban. Warga berswadaya membangun jamban untuk dua rumah itu agar tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan di Kampung Pasirlor,” terang Saniman. (rio/ang/don/ira)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook