5 Rutinitas Bulanan di Rumah yang Sering Kali Terlupakan

nurul roudhoh   |   Bisnis  |   Jumat, 29 November 2019 - 21:22:13 WIB   |  dibaca: 181 kali
5 Rutinitas Bulanan di Rumah yang Sering Kali Terlupakan

Buat yang tinggal dengan keluarga, pasti banyak hal yang harus diurus dan didelegasikan untuk setiap anggota keluarga. Namun, tidak jarang urusan bulanan malah kamu tanggung sendiri karena tidak ingin saling menyalahkan kalau lupa diselesaikan. Ya, urusan di rumah memang terkesan mudah, tapi pada praktiknya tetap sering terlupakan.

Enggak seperti rutinitas harian seperti beli makanan atau mencuci baju, rutinitas bulanan memang sering kali terlewat karena harus diselesaikan pada tenggat waktu yang sama. Ya, biasanya habis gajian atau setiap awal bulan, urusan ini jadi daftar panjang yang harus diselesaikan. Nah, berikut ini rutinitas bulanan di rumah yang sering kali terlupakan.

1. Bayar tagihan listrik

Saat ini kebutuhan bayar tagihan listrik mungkin jadi prioritas bagi hampir semua orang. Ya, masalahnya penggunaan peralatan elektronik di rumah sangat krusial untuk rutinitas harian seperti menyetrika baju, menonton televisi, atau bahkan mencatok rambut. Nah, belum lagi kalau pakai modem internet di rumah, kalau listrik mati, bakal lebih boros paket data, deh.

Tidak terbatas pada penggunaan layanan listrik prabayar atau pascabayar, kamu pasti pernah lupa bayar tagihan listrik. Meski jadi hal paling penting yang tidak boleh terlupakan, kamu malah lupa, listrik mati, baterai smartphone habis, bayar tagihan online terhambat, repot pokoknya. Oleh karena itu, pastikan bayar tagihan listrik jadi hal pertama yang diingat setiap bulan, ya!

2. Bayar tagihan telepon

Nah, masih ada kaitannya dengan rutinitas pembayaran, tagihan telepon kadang terlupakan juga. Ya, rutinitas ini bisa jadi tagihan telepon rumah atau beli pulsa untuk smartphone. Saat ini, bayar dan cek tagihan telepon sudah bisa dilakukan lebih mudah lewat online travel agent seperti Traveloka. Jadi, kalau lupa bayar tagihan telepon rumah dan internet, masih bisa lewat aplikasi. Ya, asalkan kamu paket data kamu belum habis, kamu masih selamat.

3. Beli perlengkapan mandi

Pernah terpaksa mandi tanpa keramas dengan sampo? Hal ini sebenarnya bikin kesal banget, terutama kalau kamu sedang sendirian di rumah. Sudah masuk kamar mandi untuk membersihkan diri sebelum memulai aktivitas, eh, sabun atau samponya habis. Ya, mau tidak mau kamu hanya membasahi tubuh dengan air.

Kalau ada waktu, mungkin kamu terpaksa mengeringkan badan agar bisa beli perlengkapan mandi ke warung terdekat, ya. Nah, masalahnya kalau sedang terburu-buru, bakal kesal seharian, tapi harus dijadikan pembelajaran. Setidaknya selalu simpan 1 set stok perlengkapan mandi di rumah. Membersihkan diri adalah hal yang penting agar tubuhmu sehat dan nyaman. Jadi, rutinitas satu ini sebaiknya tidak terlupakan.

4. Beli air minum galon

Hal krusial selanjutnya adalah stok air minum. Nah, di Indonesia belum familier dengan tap water yang bisa langsung minum dari keran air. Oleh karena itu, air minum jadi kebutuhan utama yang perlu dibeli setiap bulannya. Meskipun bisa memasak air dari PDAM, tapi sebagian penduduk Indonesia terbiasa minum air minum galon. Nah, pastikan kamu selalu punya stok galon air minum dalam keadaan terisi. Jadi, tidak repot cari tempat jual air minum saat galon air di rumah habis.

5. Beli gas untuk masak

Kelaparan tengah malam dan ingin buat mi instan? Sudah ambil air untuk dipanaskan di panci, eh, gasnya habis. Hal ini bikin kamu terpaksa membiarkan bungkus mi yang sudah terbuka semalaman. Beruntung kalau kamu masih punya stok camilan untuk menahan rasa lapar, kalau tidak? Mungkin perutmu terpaksa keroncongan dan gejala maag kambuh lagi. Nah, ketimbang harus mengeluarkan biaya untuk berobat gara-gara lupa beli stok gas di rumah, lebih baik kamu periksa ketersediaan gas setiap awal bulan agar tidak kelaparan saat mau masak.

Buat kamu yang juga sering kali lupa membayar tagihan untuk rutinitas bulanan, yuk, catat atau buat pengingatnya. Jadi, tidak terbengkalai dan malah keluar biaya lebih karena harus bayar denda atau malah jatuh sakit.(*)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook