Penghijauan dan Pemagaran Jalan untuk Bantarwangi

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Sabtu, 30 November 2019 - 14:20:17 WIB   |  dibaca: 105 kali
Penghijauan dan Pemagaran Jalan untuk Bantarwangi

MANCAK – Lingkungan RT 02 RW 03, Kampung Bantarwangi, Desa Sangiang, Kecamatan Mancak, masih butuh penataan lanjutan untuk memenangkan Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019. Sesuai arahan tim juri, kampung ini masih butuh penghijauan dan pemagaran jalan lingkungan.

Ketua RW 02, Kampung Bantarwangi, Syihabuddin membenarkan kekurangan di kampungnya itu. Bermodal kekompakan warganya, dua hal itu tengah dipenuhi. “Kini, banyak warga yang membeli pot bunga dan cat hingga tanaman untuk menambah kecantikan kampung kami. Bahkan, warga rela mengeluarkan modal sendiri untuk membeli perlengkapannya,” kata Syihabuddin saat ditemui Banten TV (grup Radar Banten) di kampungnya, Jumat (29/11).

Penghijauan di Bantarwangi dilakukan serentak oleh warganya. Setiap halaman rumah di kampung ini telah dilengkapi pot-pot bunga dan tanaman sayur. Beberapa warga juga mengecat halaman rumahnya agar cantik dan lebih rapi.

“Kalau untuk penghijauan, warga kita bebaskan untuk menanam tanaman yang mereka inginkan. Namun, banyak warga lebih memilih menanam tomat, cabai, bunga, hingga beberapa tanaman obat,” terang Syihabuddin.

Untuk pos ronda, warga sudah mengecatnya. Jadwal piket ronda malam dan kentongan sudah melengkapi pos ronda. Kelengkapan lain yang perlu dipenuhi adalah daftar nomor telepon penting atau darurat dan kotak P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan). 

“Kita targetkan perbaikan akan terus dilakukan oleh warga hingga beberapa hari menjelang penilaian (tahap kedua-red). Sehingga, kampung kami lebih siap untuk dinilai oleh tim juri,” ujarnya.

Ketua RT 02 RW 02, Kampung Bantarwangi, Ahmad Murtado menambahkan, pihaknya juga berencana merapihkan lapangan voli di kampungnya. Tembok bangunan pendidikan anak usia dini (PAUD) yang menghadap ke jalan lingkungan juga akan dihias dengan cat. Bantarwangi agar lebih berwarna lagi.

“Selain penataan kampung yang sudah direncanakan, bersih-bersih lingkungan juga diagendakan setiap minggu. Melibatkan semua warga. Untuk kegiatan harian, warga sudah cukup sadar membersihkan halaman rumah masing-masing,” ungkapnya.

Kampung ini sebenarnya telah memiliki kelompok pengrajin daur ulang sampah plastik. Sayangnya, saat penilaian pertama, kelompok dengan anggota ibu-ibu Bantarwangi belum disahkan sebagai kelompok sadar lingkungan oleh Kepala Desa Sangiang. (rio/ang/don)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook