Pamengkang Bisa Dapat Nilai Tinggi untuk Kampung Berbunga

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 03 Desember 2019 - 10:05:53 WIB   |  dibaca: 27 kali
Pamengkang Bisa Dapat Nilai Tinggi untuk Kampung Berbunga

KRAMATWATU – Lingkungan RW 01, Kampung Pamengkang, Desa Pamengkang, Kecamatan Kramatwatu, bisa meraih nilai tinggi untuk kategori kampung paling berbunga pada Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019. Sebab, di kanan dan kiri jalan di perkampungan itu, dipenuhi bunga dan tanaman hias lainnya. Tanaman di dalam pot ditata dengan rapi.

Susanti Diani, juri LKBA dari perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang mengatakan bahwa Pamengkang sudah hijau dan asri. “Sebenarnya, Kampung Pamengkang berpotensi menjadi kampung berbunga,” katanya menilai, Senin (2/12).

Warga Pamengkang dianggap sudah memiliki kesadaran untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan aman. Di setiap rumah warga terdapat pot bunga dan tanaman hias. “Meski cuacanya panas, tapi pas masuk ke Kampung Pamengkang tuh terasa asri,” ungkap Susanti.

Pantauan Radar Banten, ungkapan Susanti itu disebabkan oleh sekira 100 pot bunga dan tanaman hias di sepanjang jalan lingkungan sejauh 150 meter. Ada yang ditata di pinggir jalan tepat di atas penyangga selokan. Ada juga yang digantung di teras-teras rumah warga menggunakan pot yang diikat kawat. Sementara, di tengah jalan, terdapat sejumlah gambar tokoh kartun dan grafiti warna-warni. Catnya sudah memudar.

Tim juri masih menemukan beberapa kekurangan soal kebersihan. Susanti masih menemukan sampah plastik di selokan. Tong sampah juga belum tersedia. “Kebersihannya masih harus ditingkatkan lagi,” saran Susanti.

Kekurangan lainnya disampaikan anggota juri LKBA Iptu Dadang. Yakni, kelengkapan peralatan keamanan seperti pentungan, borgol, buku tamu, dan nomor telepon darurat di dua pos ronda di Pamengkang. “Yang tersedia baru ada kentongan dan jadwal ronda,” katanya.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Pamengkang Ramudi mengakui persiapan Pamengkang belum maksimal. “Kita sudah berusaha memperbanyak tanaman bunga dan tanaman hias, tapi mungkin belum maksimal,” tuturnya. (mg06/don/ira)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook