Mantan Ketua KONI Divonis 70 Bulan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 03 Desember 2019 - 11:30:55 WIB   |  dibaca: 52 kali
Mantan Ketua KONI Divonis 70 Bulan

SIDANG: Terdakwa Dasep mendengarkan pembacaan putusan (vonis) dalam sidang di Pengadilan Tipikor Serang, Senin (2/12).

SERANG, BANTEN RAYA- Mantan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tangerang periode 2012-2016 Dasep divonis penjara selama 70 bulan (5 tahun 10 bulan) oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Negeri Serang, karena dianggap telah melakukan tindak pidana korupsi dana hibah KONI Kota Tangerang senilai Rp 8 miliar tahun 2015.

Majelis Hakim yang diketuai Muhammad Ramdes mengatakan, terdakwa Dasep bersama-sama mantan mantan Bendahara Siti Nursiah (sidang terpisah) terbukti melanggar pasal 2 ayat (1) juncto pasal 18 undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan UU nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo pasal 55 ayat (1) KUHP.

"Menjatuhkan pidana penjara 5 tahun dan 10 bulan, serta membayar denda Rp 200 juta dengan ketentuan bila tidak dibayar maka terdakwa diwajibkan membayar pidana kurungan 2 bulan," kata Ramdes disaksikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Tangerang Reza Vahlefi dan terdakwa Dasep.

Dasep juga mendapatkan pidana tambahan dengan membayar uang pengganti sejumlah Rp 251 juta. Apabila tidak membayar uang pengganti setelah satu bulan setelah putusan inkrah, maka harta benda dapat disita untuk menutupi uang pengganti. Apabila tidak mempunya harta benda, maka diganti dengan pidana penjara selama 2 tahun.

"Hal-hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa telah menyebabkan kerugian negara, tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa berterus terang, terdakwa mengembalikan kerugian keuangan negara, terdakwa belum pernah dihukum dan masih memiliki tangungan keluarga," ujarnya.

Vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan JPU. Sebelumnya Dasep dituntut pidana penjara selama 6 tahun 6 bulan, juga diganjar pidana tambahan berupa denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan dan uang pengganti Rp 143,1 juta subsider 3 tahun penjara.

Diketahui, Majelis Hakim sebelumnya lebih dahulu memvonis mantan bendaharanya Siti Nursiah dengan pidana penjara selama 6 tahun, dan denda Rp 200 juta subsider dua bulan kurungan. Terdakwa juga diberikan tambahan pidana berupa uang pengganti sebesar Rp 330 juta. Apabila tidak juga dibayar hingga putusan pengadilan, harta bendanya akan disita atau diganti dengan pidana penjara selama 2 tahun.

Vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan JPU. Sebelumnya Siti Nursiah dituntut pidana penjara selama 6 tahun 6 bulan, dan denda Rp 200 juta subsider tiga bulan kurungan. Terdakwa Siti Nursiah diharuskan membayar uang pengganti Rp 529 juta dari keseluruhan Rp 672.185.000.

Mendengar putusan majelis hakim, JPU Kejari Serang Reza dan terdakwa Dasep mengaku pikir-pikir dan akan diberi waktu selama sepekan untuk memberikan jawaban. "Pikir-pikir yang mulia," kata JPU dan terdakwa Dasep. (darjat)
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook