Lima Calon Kades Petahana Tumbang

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Selasa, 03 Desember 2019 - 11:46:11 WIB   |  dibaca: 69 kali
Lima Calon Kades Petahana Tumbang

BAPAK LAWAN ANAK : Seorang warga mengamati foto Calon Kades Daru, Suharyo dan anaknya, Abdul Malik di Desa Daru, Kecamatan Jambe, kemarin.

KAB. TANGERANG, BANTEN RAYA - Pesta demokrasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tangerang berakhir Minggu (1/12). Di Kecamatan Balaraja, dari enam desa yang menggelar pilkades, lima calon kades petahana tumbang.

Camat Balaraja, Yayat Rohiman mengatakan, dari enam desa yang menggelar Pilkades di Balaraja, lima petahana kembali berlaga. Yakni Ahmad Hudori di Desa Gembong, Amir Hamzah di Desa Cangkudu, Tobari Soleh di  Sukamurni, Rosid di Talagasari, dan Ichsan Adhari di Desa Sentul Jaya. “Cuma di Desa Saga incumbent tidak mencalonkan diri,” kata Yayat.  Berdasarkan hasil rekapitulasi, lanjut Yayat, lima incumbent yang berlaga di lima desa di Kecamatan Balaraja kalah oleh muka baru.

Dalam kesempatan itu, Yayat Rohimat mengajak kepada seluruh warga Kecamatan Balaraja untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Pilkades, tambah Yayat, sudah selesai, bagi yang menang untuk tetap tidak berbesar hati, bagi calon kades yang kalah jangan berkecil hati. "Kami mengimbau kepada seluruh warga, untuk menjaga persatuan dan kesatuan agar terhujudnya Kecamatan Balaraja yang kondusif,” pungkasnya.

Bapak Kalahkan Anak Sementara itu, pilkades Daru, Kecamatan Jambe yang mempertemukan Calon Kades Nomor Urut 1, Suharyo dengan anaknya, Abdul Malik dengan nomor urut 2.
Berdasarkan hasil pencoblosan, Suharyo kembali memimpin desanya dengan mengalahkan Abdul Malik.Meski calonnya memiliki hubungan keluarga, antusias pemilih relatif cukup tinggi. Dari total 4.728 daftar pemilih tetap, ada 3.568 yang hadir di tempat pemungutan suara.

Salah satu panitia pemilihan kepala Desa Daru, Muhammad Nurhiyat mengatakan, Suharyo terpaksa berhadapan dengan anaknya karena salah satu bakal calon kepala desa (balon kades) dinyatakan tidak lolos administrasi. “Hasil Pilkades Daru, Suharyo memperoleh sebanyak 2581 suara. Sedangkanya anaknya, Abdul Malik memperoleh sebanyak 987 suara,” kata pria yang akarab dipangil Nurhiyat ini kepada wartawan, Senin (2/12).  

Menurut Nurhiyat, berbagai cara dilakukan oleh panitia pilkades Daru untuk meningkatkan partisipasi masyarakat saat pelaksanaan pencoblosan Pilkades Daru pada Minggu (1/12), diantaranya menyediakan fasilitas angkot gratis bagi para pemilih yang rumahnya jauh dari lokasi TPS. “Ada 10 angkot dibagi ke beberapa titik, terutama bagi mereka yang rumahnya jauh ke TPS,” tuturnya.-

Nurhiyat menambahkan, ada sebanyak 4.728 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Desa Daru yang terbagi atas 27 RT dan 4 Kejaroan. Sementara yang hadir ke TPS sebanyak 3.568 orang. Terkait dua calon kades yang memiliki hubungan keluarga itu, kata Nurhiyat, tidak menjadi persoalan selama sesuai aturan yang telah ditetapkan. “Persaingan pasti ada karena namanya juga rival dan itu dikembalikan kepada pemilih masing-masing. Tapi alhamdulillah sejauh ini kondusif,” tukasnya. (imron)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook