Kadomas Mampu Penuhi Semua Komponen Penilaian

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 05 Desember 2019 - 10:14:10 WIB   |  dibaca: 65 kali
Kadomas Mampu Penuhi Semua Komponen Penilaian

CINANGKA – Ya, pemenuhan semua komponen penilaian Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang itu diketahui ketika tim juri melakukan penilaian tahap kedua di RW 04, Kampung Kadomas, Desa/Kecamatan Cinangka, Rabu (4/12). Kadomas bisa meraihnya karena kekompakan warganya. Serta, sinergitas antara warga, pemerintah desa, bhabinkamtibmas, dan babinsa. 

Pantauan Radar Banten, penilaian tahap kedua di Kadomas dilakukan oleh tim 9 juri LKBA. Kedatangan tim juri yang terdiri dari Mayor CZI Haryadi (Korem 064 Maulana Yusuf Serang), Agus Priwandono (Redaktur Radar Banten), Birgadir Aris Wibowo (Polda Banten) dan Arina Devi (Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan Kabupaten Serang) disambut Kepala Desa Cinangka Amin Karsiman, Ketua RW 004 Hamidun, beserta ratusan warga Kadomas.

Warga antusias menyambut tim juri persis di bawah gapura pintu masuk kampung. Ibu-ibu grup rebana kemudian mengiringi tim juri memasuki Kadomas.Di tengah kampung, tim juri dikejutkan dengan sekumpulan nenek-nenek yang memainkan kesenian Bendrong. Sambutan dilanjutkan dengan atraksi permainan silat dan debus di auwning khusus untuk tim juri.

Perubahan wajah Kadomas mudah ditemukan. Kadomas menjadi kampung berbunga. Pot untuk menanam bunga dan tanaman hias lainnya telah menghiasi kanan dan kiri sepanjang jalan utama kampung. Bunga-bunga juga menghiasi gang-gang di perkampungan ini. Tak terkecuali, halaman rumah warganya. Penanaman bunga ini sesuai arahan tim juri saat penilaian tahap pertama, 7 November lalu.

Anggota tim 9 Arina Devi menyatakan, lingkungan Kadomas mengalami perbaikan. “Sangat baik malah. Jadi, warga-warganya antusias mengasrikan dan menata lingkungan,” ujarnya kepada Radar Banten pada akhir proses penilaian. ”Secara umum, memang di awal penilaian belum ada pot-pot bunga di pinggir jalan. Sekarang, sampai di rumah, masuk gang, juga ada pot bunganya,” sambung Arina.

Dekorasi lingkungan di Kadomas juga berbeda. Meningkat dibandingkan ketika penilaian tahap pertama. Di lingkungan RW 04 ini, jalan utama kampung dihiasi dengan lukisan cat berupa tokoh film kartun.

Tong sampah di tiap rumah warganya telah menggambarkan pengelolaan sampah rumah tangga organik dan non organik yang sudah dipilah. Pemilahan sampah juga dilakukan warga Kadomas sampai tempat pembuangan sampah sementara (TPSS). Warga melakukan karena sampah organik telah dijadikan kompos, meskipun masih dalam proses. Sedangkan sampah non organik, terutama plastik, dijadikan barang kerajinan bernilai ekonomi.

Kerajinan tangan dari sampah plastik ini dilakukan oleh ibu-ibu anggota kelompok sadar lingkungan di Kadomas. Mereka mendapatkan bahan baku dari bank sampah yang sudah didirikan dan disahkan oleh Pemerintah Desa Cinangka.“Saya berharap, penataan lingkungan tetap dipertahankan, tidak hanya saat lomba,” imbuh Arina.

Angota tim 9 lainnya, Brigadir Aris Wibowo, mengungkapkan bahwa secara garis besar, keamanan lingkungan di Kadomas termasuk kategori bagus. Perilaku warga yang berkaitan dengan tindak pidana, nihil. Begitu pun dengan pos rondanya, sudah ada peningkatan sesuai rekomendasi tim juri. Bahkan, perkampungan yang tadinya hanya memiliki dua pos ronda, kemarin menjadi tiga pos ronda.

“Saat ini, peralatannya sudah lengkap. Intinya, kesiapan masyarakat untuk keamanan sudah memadai,” tegas Aris. “Tentu, saya berharap, partisipasi masyarakat menjaga keamana lingkungannya tidak hanya dalam lomba ini saja. Tapi terus meningkat agar aman, nyaman, dan tentram,” imbuhnya.

Kepala Desa Cinangka Amin Karsiman mengapresiasi warganya. Sebab, warga Kadomas yang berinisiatif menata lingkungannya secara swadaya. Warga merampungkan penataan lingkungannya selama kurang dari tiga bulan. “Alhamdulillah, warga di sini (Kadomas-red) semangat terus menata kampung,” katanya.

Ketua RW 004, Kampung Kadomas, Hamidun memberikan tanggapan senada. Dari tiga bulan waktu yang dibutuhkan warga, sekira satu pekan warga mempersiapkan kampungnya untuk penilaian tahap kedua.“Alhamdulillah, ini kerja sama masyarakat untuk mewujudkan kebersihan dan keindahan,” tandasnya. (fdr-don)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook