Pilkada Kabupaten Serang Resmi Dimulai

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 05 Desember 2019 - 14:39:49 WIB   |  dibaca: 79 kali
Pilkada Kabupaten Serang Resmi Dimulai

LAUNCHING PILKADA : Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi bersama Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa melepas balon pada acara launching pilkada, Rabu (4/12).

SERANG, BANTEN RAYA – Pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Serang tahun 2020 resmi dilaunching oleh KPU Kabupaten Serang di Alun-alun Kramatwatu, Rabu (4/12). Dalam kegiatan itu, KPU RI menyoroti potensi terjadinya politisasi birokrasi dan politisasi aparatur sipil negara (ASN) oleh pihak-pihak tertentu untuk memenangkan salah satu pasangan calon.

“Kita punya pengalaman di Provinsi Banten ini, baik di pilkada kabupaten/kota maupun di pilkada provinsi di masa-masa lalu. Salah satu potensi pelanggaran yang agak serius itu soal politisasi birokrasi dan politisi ASN. Beberapa kali pilkada kita diputuskan oleh MK (Mahkamah Konstitusi) untuk diulang salah satunya karena soal politisasi birokrasi,” ujar komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi.

Ia mengimbau agar KPU Kabupaten Serang betul-betul mencermati potensi terjadinya politisasi birokrasi dan ASN. Pramono juga mengimbau agar ASN bekerja secara profesional dan tidak perlu mendukung salah satu pasangan calon tertentu. “Udang-undang pilkada soal netralitas ASN ini juga semakin ketat. Penjatuhan sanksinya juga lebih berat. Kita berharap ASN di Kabupaten Serang bisa netral dan tidak mudah dimobilisasi,” katanya.

Wakil Bupati Serang Pandji Tiratayasa memastikan, ASN di Kabupaten Serang akan bersikap netral pada pilkada yang akan digelar tahun depan. “Tidak mungkin ASN memenangkan salah satu kontestan. Masyarakat sekarang sudah cerdas. Kita sudah empat kali pemilihan langsung sehingga terjadi peningkatan kualitas demokrasi dan pemilih tidak mudah dibodohi,” kata Wabup.

Ia menjelaskan, launching pilkada bukan hanya sekedar menjelaskan tahapan-tahapan pilkada tapi sebagai bentuk pendidikan politik kepada masyarakat. “Yang terpenting sekarang bagaimana kita meyakin masyarakat bahwa pilkada bukan sekedar lima tahunan tapi memilih pemimpin yang bisa membawa peningkatan kehidupan masyarakat yang lebih baik,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar mengatakan, launching dilakukan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang maskot dan jingle yang akan digunakan pada pemilihan bupati dan wakil bupati. “Tahapan sekarang sudah mulai penjaringan untuk calon peseorangan. Kemudian di bulan Juni untuk calon yang diusung oleh partai poltik. Kita tahu untuk yang diusung parpol minimal didukung 10 kursi,” kata Abidin.

Pihaknya menargetkan, partisipasi pemilih pada pilkada Kabupaten Serang mencapai 80 persen. “Target partisipasi kita 80 persen. Ini tergantung bagaimana semua stakeholder bekerja sama-sama mensosialisasikan pilkada ini. Pilkada Kabupaten Serang hanya tinggal 295 hari lagi,” tuturnya. (tanjung/fikri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook