Golongan Darah A dan AB Langka

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 06 Desember 2019 - 11:27:37 WIB   |  dibaca: 52 kali
Golongan Darah A dan AB Langka

DONOR: Sejumlah ASN di Lebak mengikuti kegiatan donor darah yang diselenggarakan DWP Kabupaten Lebak bekerjasama UTD PMI Lebak di Aula PKK Lebak, kemarin.

LEBAK, BANTEN RAYA- Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Lebak mencatat stok kantung darah golongan A dan AB mengalami kelangkaan setiap bulannya. Hal itu terjadi karena memang tingkat kesadaran warga akan melakukan donor darah masih rendah khususnya bagi mereka yang memiliki golongan darah A dan AB.

"Iya memang benar khusus untuk jenis golongan darah A dan AB sering kali mengalami kelangkaan setiap bulannya. Hal itu terjadi karena pasien yang membutuhkan banyak sementara yang mendonorkan masih sedikit," kata Koordinator Pelaksana Harian UTD PMI Lebak dr Firman Rachmatullah kepada Banten Raya, Kamis (5/12).

Firman menjelaskan, tingkat kesadaran warga yang secara sukarela mendonorkan darahnya masih rendah. Sementara kebutuhan pasien akan darah setiap bulannya mencapai ribuan kantung."Oleh karenanya kita menyambut baik dinas, instansi ataupun lembaga melaksanakan kegiatan donor darah. Sepertihalnya dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lebak," katanya.

Pelaksanaan kegiatan donor darah tersebut membantu ketersediaan stok darah di UTD PMI Lebak. "Kami harap kegiatan tersebut digalakan di setiap dinas, instansi maupun lembaga lain," katanya.Sementara itu, Ketua DWP Kabupaten Lebak Eti Dede Jaelani mengatakan, kegiatan donor darah diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-191 Kabupaten Lebak dan juga HUT DWP Kabupaten Lebak yang ke-20. Eti berharap semoga kegiatan tersebut bermanfaat bagi anggota Dharma Wanita dan juga bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kordinator Lapangan Kegiatan Donor Darah UTD PMI Lebak Imron Listianto mengaku hampir satu pekan ini PMI Lebak kesulitan mendapatkan darah khususnya golongan darah A dan golongan darah B. Untuk itu, Listianto mengapresiasi kegiatan sosial donor darah yang digagas oleh DWP Kabupaten Lebak.

"Kami atas PMI Kabupaten Lebak mengucapkan terima kasih kepada pengurus Dharma Wanita Lebak dan ASN di lingkungan Setda Lebak yang telah mendonorkan darah untuk kepentingan masyarakat, satu tetes darah sangat membantu menolong kesembuhan pasien," katanya. (purnama/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook