Pekan Depan Silat Mulai Pelatda PON

nurul roudhoh   |   Banten Sport  |   Jumat, 06 Desember 2019 - 13:15:35 WIB   |  dibaca: 42 kali
Pekan Depan Silat Mulai Pelatda PON

BERLATIH : Atlet pencak silat Banten berlatih rutin untuk mempersiapkan diri menghadapi PON Papua. Pencak silat akan memulai program pelatda PON dalam waktu dekat ini untuk meningkatkan kemampuan dan stamina agar semakin bagus.

SERANG, BANTEN RAYA - Pasca meloloskan sembilan atlet di lima kelas pada babak Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) cabang olahraga (cabor) pencak silat, pada pertengahan November lalu. Kini, Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banten akan segera melangsungkan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON.

Hal tersebut dikatakan, Ketua Umum Pengprov IPSI Banten, Ajat Sudrajat kepada Banten Raya, Kamis (5/12). Kata dia, pasca mengikuti Pra PON yang dihelat dari 12 hingga 17 November lalu di DKI Jakarta, atlet masih dalam recovery untuk pemulihan kondisi fisik, dan dalam waktu dekat ini akan mulai Pelatda PON.

“Pada Sabtu (7/12) akhir pekan ini, atlet pencak silat dan atlet dari berbagai cabor lainnya akan melakukan tahap awal Pelatda PON dengan memulainya dengan tes kondisi fisik atlet di GOR KONI Banten. Dari situ lah, IPSI Banten akan melangsungkan Pelatda PON,” kata Ajat.

Ia menjelaskan, tes fisik yang diselenggarakan KONI Banten ini, bekerjasama dengan laboratorium sport science Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia (FPOK-UPI) yang menggunakan metode pengukuran teknologi digital. “Semoga saja, dengan menggunakan metode yang sudah modern ini bisa semakin meningkatkan kemampuan atlet untuk lebih berprestasi lagi,” ujarnya.

Diketahui, atlet pencak silat Banten yang masuk Pelatda PON versi KONI Banten yakni, Sefi Jaya (kelas F putra), Ely Syafitri (seni tunggal putri), Miftahul Husna dan Eni Sumiyati (seni ganda putri), Khalif Fatih Albar dan M Maulana (seni ganda putra), terakhir Nouval, Meldi dan Fajar (seni regu putra). “Kesembilan atlet tersebut merupakan peraih medali emas di lima kelas pada babak Pra PON,” ungkap Ajat.

Namun demikian, selain di lima kelas tersebut, sebetulnya atlet Banten juga mendapatkan satu medali perak dan satu medali perunggu di Pra PON, yang menurut versi Pengurus Besar IPSI juga berhak melaju ke PON Papua. “Peraih medali perak yakni Abi Khofiz Riza yang bermain di kelas H putra, sementara satu medali perunggu diperoleh Reza Hakiki (kelas B putra),” samubung dia.

Pihaknya berharap kepada KONI Banten, juga bisa memberangkatkan pesilat Banten yang mendapatkan perak dan perunggu. "Karena kans mereka untuk memperbaiki prestasi di PON juga sangat dimungkinkan, dan dengan begitu potensi kontingen Banten untuk mendulang lebih banyak mendali semakin terbuka," tutup Ajat. (basyar/hendra)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook