Dorong Peningkatan Ekonomi Warga

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 06 Desember 2019 - 14:04:27 WIB   |  dibaca: 75 kali
Dorong Peningkatan Ekonomi Warga

SIAP DI TEMPATI : Ketua Baznas Kabupaten Serang Wardi Muslich meresmikan rumah layak huni di desa binaan Desa Seuat, Kecamatan Petir, kemarin.

PETIR – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang tidak hanya konsentrasi mendistribusikan bantuan untuk warga miskin, namun juga berkomitmen membantu masyarakat untuk memiliki usaha sehingga mereka bisa hidup mandiri.

Bertempat di Desa Seuat, Kecamatan Petir, Baznas Kabupaten Serang menggelar kegiatan peresmian desa binaan tahun 2019. Pada kegiatan itu, Baznas selain melakukan bedah rumah sebanyak 20 unit dengan nilai per unitnya Rp20.000.000, juga memberikan bantuan kepada guru ngaji, guru madrasah, pemandi jenazah, imam masjid, marbot masjid, beasiswa bagi siswa SD/MI, dan bantuan bagi fakir miskin.

Selain itu, Baznas juga memberikan bantuan permodalan kepada 15 warga masing-masing Rp2.000.000 untuk usaha warungan dan memberi bantuan modal kepada pengrajin pandai besi di desa tersebut sebanyak tiga orang masing-masing Rp4.000.000. “Program desa binaan sebagai komitmen Baznas untuk memberdayakan masyarakat,” ujar Wardi Muslich, Ketua Baznas Kabupaten Serang, kemarin.

Melalui bantuan yang diberikan kepada pelaku usaha mikro dan kecil tersebut, para penerima bantuan di Desa Seuat diharapkan bisa hidup mandiri melalui kegiatan usaha yang mereka jalankan. “Setelah rumah-rumah mereka kita perbaiki, kita juga memperhatikan kondisi ekonominya. Maka dianggap penting memberikan bantuan modal kepada mereka agar bisa berjualan,” katanya.

Untuk memastikan usaha warga di desa binaan tersebut berjalan dengan baik, pihak Baznas bekerjasama dengan desa melakukan pendampingan sehingga kendala yang dihadapi oleh warga bisa dicarikan solusinya dengan baik. “Untuk pedagang warungan ada yang baru, ada juga yang usahanya sudah berjalan. Untuk total dana yang disalurkan di desa binaan sebesar Rp499.500.000,” tuturnya.

Wardi mengungkapkan, seusai arahan Badan Pusat Statistik (BPS) Serang bahwa satu persen dana zakat, infak, dan sadaqah (ZIS) bisa dimanfaatkan untuk peningkatkan ekonomi warga. “Ini sedang kita dorong agar Baznas Kabupaten Serang bisa membantu meningkatkan perekonomian warga. Sekarang belum berjalan optimal,” katanya. (TANJUNG)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook