Bawaslu Perbolehkan Bawalkot Kampanye

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Sabtu, 07 Desember 2019 - 10:47:09 WIB   |  dibaca: 52 kali
Bawaslu Perbolehkan Bawalkot Kampanye

MEDIA MEETING : Sejumlah Komisioner Bawaslu Kota Cilegon saat memberikan arahan dalam acara, kemarin.

CILEGON, BANTEN RAYA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon memperbolehkan aktifitas sejumlah tokoh yang sudah menyatakan diri menjadi bakal calon walikota (Bawalkot) untuk bersosialisasi atau kampanye. Pasalnya, para tokoh tersebut belum dinyatakan sebagai calon yang disahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Juli 2020 mendatang sebagai mana diatur Undang-undang Nomor 10/2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Menurut Kepala Divisi (Kadiv) Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kota Cilegon, Urip Haryantoni menjelaskan, kendati para bawalkot memperkenalkan diri dan mengajak untuk mendukungnya, bahkan sebagian juga membagikan sembako kepada warga tetap dianggap bukan mencuri star. Sebab bawalkot belum dipastikan akan menjadi calon walikota (cawalkot) yang secara syarat disahkan KPU.

“Penetapannya nanti pada Juli, sekarang ini masih diperkenankan. Sebab belum dianggap sebagai calon yang pasti ikut dalam pemilihan. Bisa saja tidak ikut sebagai calon yang ditetapkan,” katanya kepada wartawan usai memberikan arahan dalam media meeting di salah satu hotel, Jumat (6/12).

Urip menjelaskan, para tokoh tersebut melakukan aktifitas kampanye sebagai kapasitas pribadi atau pekerjaanya sebagai pejabat di Kota Cilegon bukan cawalkot, sehingga tidak ada ketentuan Bawaslu melakukan pelarangan. Kecuali, papar Urip, jika bersangkutan sudah menjadi calon.

“Kalau sudah menjadi calon maka harus ikut dalam mekanisme aturan. KPU sudah mengatur masa kampanye, hari tenang sampai pencoblosan. Sekarang ini belum ada ketentuan untuk dilarang,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Cilegon, Siswandi mengungkapkan, kendati tidak ada aturan yang melarang untuk kampanye sebelum menjadi calon, pihaknya masih menunggu jika nantinya ada ketentuan yang akan dikeluarkan oleh bawaslu pusat soal pemberian imbauan atau lainnya kepada bawalkot.“Tentu nanti kami masih menunggu. Sebab, saat ini kami masih terus melakukan rakor (rapat koordinasi), sehingga bisa saja ada surat keputusan untuk memberikan imbauan dan lainnya,” imbuhnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook