2020 Pemkab Bangun 925 Rumah Layak Huni

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 10 Desember 2019 - 12:04:02 WIB   |  dibaca: 100 kali
2020 Pemkab Bangun 925 Rumah Layak Huni

SIAP DITEMPATI : Rumah layak huni milik salah warga Kecamatan Baros siap untukditempati setelah selesai dibangun Pemkab Serang, Senin (9/12).

SERANG, BANTEN RAYA - Pemkab Serang akan memperbaiki 925 rumah tidak layak huni (rutilahu) tahun depan dengan menggunakan dana APBD. Jumlah rutilahu yang diperbaiki meningkat dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 822 unit. Selain dari APBD, Pemkab Serang juga berencana membangun 500 unit rutilahu dari dana APBN.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) Kabupaten Serang Irawan Noor mengatakan, pembangunan rumah layak huni tahun depan akan difokuskan di enam kecamatan yaitu Kecamatan Tunjung Teja, Pamarayan, Ciomas, Baros, Petir, dan Kecamatan Tunjung Teja. "Tahun depan dari APBD kabupaten 925 unit. Fokusnya tetap di enam kecamatan yang jumlah rutilahunya masih tinggi," kata Irawan, Senin (9/12).

Ia menjelaskan, sistem pengerjaan rumah layak huni yang anggarannya berasal dari ABPB kabupaten masih seperti tahun ini yaitu melalui sistem swakelola dengan melibatkan masyarakat sekitar. "Untuk nilainya masih sama Rp20 juta per unit. Rp20 juta itu luar biasa, kalau tidak ada keterlibatan masyarakat tidak mungkin bisa terealisasi. Tapi karena adanya gotong royong dari masyarakat bisa terbangun dengan baik," ujarnya.

Sementara, perbaikan rutilahu dari APBN nilainya Rp17,5 juta per unit, Rp15 juta untuk material dan Rp2,5 juta untuk upah. "Kalau yang dari APBN bisa bangun awal bisa juga untuk rehab," ungkapnya.

Sedangkan untuk pembangunan rumah layak huni yang berasal dari bantuan APBD Pemprov Banten, Irawan menuturkan, sampai saat ini belum ketahuan. "Kalau provinsi mudah-mudahan ada penambahan dari tahun sekarang (empat unit-red). Kita sudah komunikasi dengan kadisnya (kepala dinasnya). Kita sudah menyamapaikan data rutilahunya per desa. Jumlahnya belum ada," katanya.

Disoal terkait dengan progres pembangunan rumah layak huni pada tahun ini, Irawan mengungkapkan, semua rumah layak huni telah selesai dibangun 100 persen. "Rutilahu beres semua, tinggal yang masih upaya maksimal pembangunan gedung RSDP Serang yang lima lantai, kantor Kecamatan Padarincang, kantor Kecamatan Bandung, dan kantor Kecamatan Lebak Wangi," tuturnya. (tanjung/fikri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook