Ekonomi Banten Tumbuh Melambat

nurul roudhoh   |   Bisnis  |   Rabu, 11 Desember 2019 - 11:03:08 WIB   |  dibaca: 36 kali
Ekonomi Banten Tumbuh Melambat

JUMPA PERS: Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Banten Erwin Soeriadimadja (tengah) saat menggelar Konferensi Pers Laporan Perekonomian Provinsi Banten Periode November 2019 dan Kampanye Belanja Bijak, Penggunaan Uang Elektronik serta Penukaran Uang Menjelang Natal dan Tahun Baru, di Kantor BI Banten, Selasa (10/12).

SERANG, BANTEN –  Ekonomi Provinsi Banten pada triwulan III 2019 tumbuh sebesar 5,41% (yoy), lebih tinggi dibandingkan triwulan II sebesar 5,36% (yoy) dan juga lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,02% (yoy).“Secara spasial regional Jawa, pertumbuhan ekonomi Banten pada triwulan III 2019 berada di posisi keempat diantara provinsi Jawa lainnya. 

Sementara itu, pangsa PDRB Provinsi Banten terhadap Nasional adalah sebesar 4,08%, sedangkan pangsa PDRB Provinsi Banten terhadap Jawa sebesar 6,92%, berada di posisi ke 4,” kata Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Banten Erwin Soeriadimadja saat Konferensi Pers Laporan Perekonomian Provinsi Banten Periode November 2019 dan Kampanye Belanja Bijak, Penggunaan Uang Elektronik serta Penukaran Uang Menjelang Natal dan Tahun Baru, di Kantor BI Banten, Selasa (10/12).

Erwin menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten pada triwulan III 2019 di sisi penawaran ditopang oleh meningkatnya kinerja lapangan usaha (LU) industri pengolahan dan membaiknya LU Transportasi dan pergudangan. “Di sisi pengeluaran, meningkatnya investasi serta membaiknya net ekspor menopang pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten,” katanya.

Sementara itu, pertumbuhan konsumsi rumah tangga (RT) yang menjadi penopang utama perekonomian mengalami penurunan menjadi sebesar 4,70% (yoy) lebih rendah dari triwulan II 2019 sebesar 5,26%.“Melambatnya pertumbuhan konsumsi disebabkan oleh kembali normalnya konsumsi masyarakat pasca Hari Raya Idul Fitri yang dicerminkan oleh menurunnya IKE (Indeks Kondisi Ekonomi),” ujarnya.

Erwin memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten pada triwulan IV 2019 diperkirakan berada dalam kisaran 5,3% sampai dengan 5,7% (yoy), tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan III 2019.

“Pertumbuhan ke depan diperkirakan akan ditopang terutama oleh pertumbuhan konsumsi masyarakat, pemerintah, dan kinerja ekspor. Konsumsi rumah tangga pada triwulan IV 2019 diperkirakan akan tumbuh lebih tinggi dari triwulan sebelumnya seiring momen perayaan Natal dan Tahun Baru yang bertepatan dengan masa liburan sekolah,” katanya.

Erwin menambahkan, berdasarkan lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi akan ditopang oleh antara lain LU industri pengolahan, LU perdagangan, LU konstruksi, LU pertanian, dan LU Real Estate yang diperkirakan menunjukkan pertumbuhan yang cukup tinggi pada triwulan IV 2019.

“Sementara itu, untuk keseluruhan tahun 2019, pertumbuhan Banten diprakirakan akan lebih rendah dibanding tahun 2018, akibat  melambatnya seluruh komponen utama PDRB, yaitu Konsumsi RT, Investasi dan kinerja Ekspor Impor, sejalan dengan lesunya ekonomi dunia dan domestik,” pungkasnya. (ismet)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook