680 Pelamar CASN TMS

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 11 Desember 2019 - 11:51:43 WIB   |  dibaca: 55 kali
680 Pelamar CASN TMS

VERIFIKASI: Kepala BKPSDM Kota Serang Ritadi (tengah) menghadiri verifikasi berkas administrasi pelamar CASN di Hotel Regal, Anyer, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA- Sebanyak 680 pelamar calon pegawai negeri sipil (CASN) di Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Kepastian ini diketahui pada saat seleksi verifikasi administrasi oleh tim Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang yang dihelat di Hotel Regal, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, dari 2-11 Desember 2019.

Kepala BKPSDM Kota Serang, Ritadi Bin Muhsinun menjelaskan, total pelamar CASN di Kota Serang mencapai  3.877  orang. Namun yang memenuhi syarat (MS) sebanyak 3.190, sedangkan yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 680 peserta.

“Hasil sementara yang lolos verifikasi administrasi memenuhi syarat sebanyak 3.190 pelamar. Sedangkan, sebanyak 680 pelamar tidak memenuhi syarat,” jelas Ritadi kepada Banten Raya ditemui di ruang kerjanya di kantor BKPSDM, Puspemkot Serang, Kawasan Kota Serang Baru, Kota Serang, Selasa (10/12) sore.

Ia menduga ratusan pelamar yang tidak memenuhi syarat tersebut akibat ada beberapa dokumen administrasinya yang kurang lengkap. Oleh karena itu, Pemkot Serang memberikan toleransi bagi ratusan pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat. Namun untuk terlebih dahulu, pihak BKPSDM akan melakukan pengumuman hasil seleksi verifikasi administrasi pada 12 sampai 16 Desember.

“Yang tidak memenuhi syarat secara administrasi mungkin karena ijazahnya tidak linier dengan yang dilamar. Kan lamarannya sekarang sudah spesifik kalau misalkan sarjana ekonomi ya harus melamar ke guru ekonomi. Jadi sesuai kompetensi pendidikannya,” ucap dia.

Meski demikian, masih kata Ritadi, Pemkot Serang tetap akan memberlakukan masa sanggah bagi ratusan pelamar yang tidak memenuhi syarat. Masa sanggah itu akan dimulai pada 16-20 Desember.“Barangkali ada yang komplain, kenapa gak masuk (lolos), kekurangannya apa nanti ada perbaikan dari si pelamarnya,” katanya.

Ia mengungkapkan, untuk jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) akan digelar pada 27-28 Februari 2020 mendatang. “Jadi tidak seragam masing-masing daerah itu untuk pelaksanaan SKDnya,” ungkap Ritadi.

Ritadi menyebutkan, untuk kuota CASN di Kota Serang berjumlah 215 dengan rincian formasinya 174 tenaga pendidik, 4 disabilitas, dan 37 umum.“Yang disabilitas kalau tidak salah ada tiga orang pelamar,” sebut dia.

Menanggapi hal ini, anggota Komisi I DPRD Kota Serang Muhtar Efendi berharap proses verifikasi berkas administrasi yang dilakukan oleh BKPSDM menghasilkan sumber daya manusia (SDM) ASN yang berkualitas sesuai dengan disiplin ilmunya.

“Mudah-mudahan yang terekrut memiliki kemampuan SDM yang unggul yang trampil, yang kreatif, dan inovatif sesuai dengan disiplin ilmunya. Jadi jangan sampai mencederai proses seleksinya karena Kota Serang sedang membutuhkan banyak ASN,” harap politikus PKS ini. (harir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook