PKG PAUD Lotus Kecamatan Padarincang Gelar Lomba

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Kamis, 12 Desember 2019 - 10:57:24 WIB   |  dibaca: 288 kali
PKG PAUD Lotus Kecamatan Padarincang Gelar Lomba

LOMBA: Ita Komalasari, Ketua PKG (tiga dari kiri) beserta jajaran pengurus PKG dan Penilik PAUD Dikmas Kecamatan Padarincang usai melakukan persiapan dan menggelar rapat koordinasi teknis kegiatan lomba, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA-Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Padarincang, Selasa (12/12) akan menggelar lomba kreativitas guru PAUD dalam rangka memperingati Hari Guru.

Ita Komalasari, Ketua PKG mengatakan, seyogyanya lomba ini digelar pada akhir November 2019 lalu, namun karena selama bulan November 2019 ada perlombaan tingkat Kabupaten Serang yang juga melibatkan hampir seluruh lembaga PAUD di Kabupaten Serang, termasuk di Kecamatan Padarincang."Maka akhirnya pengurus PKG setelah mendapatkan arahan dari penilik, mengagendakan pelaksanaan kegiatan ini pada 12 Desember 2019,” jelas Ita kepada Banten Raya, kemarin.

Ia mengaku, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk apreasiasi kepada guru-guru PAUD, baik TK, Kober maupun SPS yang ada di Kecamatan Padarincang. Kegiatan ini juga menjadi agenda rutin tahunan, dari program kerja PKG PAUD Lotus Kecamatan Padarincang."Pada Tahun 2018 kemarin, lomba yang sama juga telah diselenggarakan dengan mengambil tema Kreativitas Guru PAUD dalam Pembuatan APE (alat peraga edukasi) dengan menggunakan bahan bekas/limbah," ucapnya.

Sedangkan, lanjutnya, tahun ini tema yang diusung adalah seni. Ketika seorang guru PAUD dituntut untuk mampu mengenalkan seni dan meingkatkan ketertarikan anak didiknya dibidang seni, maka kemampuan dan kompetensi guru juga menjadi salah satu prasyarat agar tujuan pembelajaran tersebut dapat dicapai dengan baik."Oleh karena itu, ajang perlombaan kali ini adalah untuk memacu kreativitas dan kemampuan guru, khususnya dibidang seni tari dan menggambar.

Guru PAUD memang harus serba bisa, terutama dalam menstimulasi enam aspek perkembangan anak usia dini, mulai dari aspek nilai agama dan moral, aspek kognitif, aspek bahasa, aspek fisik motorik, aspek sosial emosional dan aspek seni," ungkapnya.

"Keenam aspek tersebut tentu perlu distimulasi dengan tepat, agar tumbuh kembang anak sesuai harapan dan standar nasional pencapaian aspek perkembangan anak usia dini sesuai tahapan perkembangan yang telah ditatapkan oleh pemerintah," sambungnya.

Ita menambahkan, kegiatan ini juga sebagai upaya PKG bersama Penilik PAUD Dikmas Kecamatan Padarincang, untuk meningkatkan silaturahmi dan kekompakan antar lembaga, baik sebagai pengelola taman kanak-kanak yang tergabung dalam IGTKI, pengelola Kelompok Bermain (Kober/KB) yang tergabung dalam HIMPAUDI, maupun para pengelola Satuan PAUD Sejenis (SPS) yang tergabung dalam IKBA di Kecamatan Padarincang. (satibi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook