Atlet Banten Sumbang 15 Medali

nurul roudhoh   |   Banten Sport  |   Kamis, 12 Desember 2019 - 11:11:50 WIB   |  dibaca: 100 kali
Atlet Banten Sumbang 15 Medali

UNJUK MEDALI : Atlet dayung Banten M Fajar Faturahman menunjukkan medali yang diraihnya di SEA Games 2019 di Filipina.

SERANG, BANTEN RAYA - Gelaran SEA Games ke 30 di Filipina telah resmi ditutup. Posisi Indonesia berada di posisi keempat dengan meraup 267 medali, dengan rincian 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu.Dari raihan medali itu, atlet Banten berhasil menyumbangkan 15 medali, dengan rincian lima emas, lima perak, dan lima perunggu.

Dari data yang dihimpun Banten Raya, medali emas disumbangkan oleh Rio Danu Utama Tjabu yang berlaga di cabang olahraga (cabor) menembak nomor 25 meter WA 1500 precision pistol. Empat medali emas lainnya diperoleh dari atlet dayung Banten atas nama M Fajar Faturahman. Emas tersebut didapat dari nomor TBR-Mixed 22 Seater 1.000 meter, TBR-Mixed 22 Seater 500 meter, TBR-Men's 4 Seater 500 meter, dan TBR-12 Crew Man 200 meter.

Sementara untuk medali perak dihasilkan oleh Hadika Aubrey Rasendriya pada cabor menembak di nomor individu mixed meatlilic silhouette air rifle, satu perak oleh M Fajar Faturahman dari cabor dayung di nomor TBR-22 Mix 200 meter, satu perak oleh Syerina pada cabor judo di nomor beregu putri, satu perak oleh Monica Isella dari cabor softball di nomor beregu putri, dan satu perak oleh Hadi Hidayat dari cabor selam di nomor underwater hockey 6x6 putra.

Sementara untuk lima medali perunggu dipersembahkan oleh Hadi Hidayat dari cabor selam di nomor underwater hockey 4x4 putra, Livia Iriana dari cabor selam di nomor underwater hockey 6x6 putri, Carmelita Cassandra dari cabor selam di nomor underwater hockey 4x4 putri, dan Ray Theodore Santoso, Andersen Lim, Jericho Gaffar Jr, Diva Reza Fabil, dan Anhar Rachman dari cabor baseball nomor beregu putra. Terakhir, satu perunggu diraih Kyandra Kaelani Susanto dari cabor skateboarding di nomor street women.

Menanggapi prestasi atlet Banten di ajang yang bergengsi tersebut, Ketua Umum KONI Banten, Rumiah Kartoredjo mengaku sangat senang dengan capaian tersebut. Bahkan, jumlah medali tersebut lebih banyak dari pada perolehan prestasi Banten pada SEA Games sebelumnya. “Jika pada SEA Games sebelumnya, Banten hanya mampu menyumbangkan satu perak dari cabor ski air, pada SEA Games Filipina ini, atlet Banten berhasil menyumbangkan 15 medali untuk kontingen Indonesia. Ini kabar yang sangat menggembirakan tentunya untuk kami,” katanya, Rabu (11/12).

Pihaknya berharap, prestasi tersebut bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan prestasi kontingen Banten pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua.
Disinggung soal bonus atau dana pembinaan, ia mengaku atlet berprestasi memang rutin dianggarkan KONI Banten untuk para atlet yang turun di ajang nasional dan internasional. Namun, Rumiah masih merahasiakan besarannya.

Rencananya, pemberian penghargaan kepada para atlet peraih medali di SEA Games ini akan diserahkan langsung Gubernur Banten, Wahidin Halim. "Kita masih lihat kesediaan waktu Pak Gubernur untuk menerima kehadiran para atlet sekaligus menyerahkan penghargaan," pungkas mantan Kapolda Banten ini.

Terpisah, Sekretaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Banten, Ahmad Yaman mengaku, pihaknya sangat bahagia dengan prestasi atlet andalannya yang sangat memuaskan untuk tim dayung Indonesia.

"Tentu prestasi ini dipersembahkan untuk KONI Banten, dan terkhusus masyarakat Banten yang sudah mendoakannya. Alhamdulillah apa yang ditargetkan Pengurus Besar PODSI, Fajar dan tim bisa mencapainya, bahkan prestasi ini melampaui yang ditargetkan," kata Yaman. (basyar/hendra/*) 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook