Kadupugur, Kampung Berbunga

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 12 Desember 2019 - 11:36:43 WIB   |  dibaca: 144 kali
Kadupugur, Kampung Berbunga

CIKEUSAL – Lingkungan RW 02, Kampung Kadupugur, Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal, bak taman bunga. Di setiap halaman rumah warganya dipenuhi bunga dan tanaman jenis sayur. Kampung itu pun punya taman bunga.

Kadupugur layak disebut kampung berbunga. Itu karena warganya berprofesi sebagai petani. Mereka menyemai bibit bunga dan menanamnya di sepanjang jalan kampung. Hasilnya, bunga warna-warni menyambut kedatangan tim 1 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA), Rabu (11/12).

Saat penilaian, tim juri keliling kampung dengan didampingi Kepala Desa Sukaratu Irman Supriatman, Ketua RW 02 Guru Ucu, dan puluhan pemuda serta ibu-ibu.

Anggota tim juri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang Rianto Haryadi mengakui, pada penilaian tahap kedua, Kadupugur mengalami banyak perubahan. “Kalau penilaian tahap pertama, masih acak-acakan. Tapi, sekarang (kemarin-red), sudah bagus dan banyak bunganya,” ujar Rianto kepada Radar Banten.

Menurut Rianto, Kadupugur bisa mendapat nilai tinggi untuk kategori kampung berbunga. Soalnya, dari depan hingga belakang kampung, bunga terhampar di pinggir jalan dan pekarangan rumah. Warga juga membuat taman bunga yang menyatu dengan taman bermain anak-anak di Yayasan PAUD Kober Bustanul Baniah. “Tapi sayang, belum ada inovasi berupa pengolahan sampahnya,” ungkap Rianto.

Anggota juri lainnya, Iptu Tata Suatara mengungkapkan, Kadupugur tidak hanya bersih, indah, dan tertata. Lingkungan perkampungan itu pun aman. Tiga bulan terakhir, tidak ada tindak kriminalitas. “Sudah aman, kondusif. Siskamlingnya juga kompak,” katanya.

Tata juga menyayangkan karena sarana di dua pos ronda di Kadupugur belum lengkap. Pos ronda di kampung itu belum dilengkapi borgol, buku mutasi, pentungan, nomor telepon darurat, dan alat pemadam api sederhana. “Bhabinkamtibmas dan babinsanya juga enggak hadir,” keluhnya.

Menanggapi itu, Irman Supriatman mengaku akan segera membentuk tim pengelola sampah dan melengkapi sarana pos ronda. “Terima kasih saran dan masukan tim juri. Ini menjadi motivasi bagi Pemerintah Desa Sukaratu dan warga untuk lebih maksimal membenahi kampung,” ujarnya.

Irman juga menyampaikan terima kasihnya kepada warga Kadupugur yang sudah kompak dan semangat menata lingkungannya. Berkat gotong royong warga, Kadupugur menjadi indah, bersih, dan rapi. “Alhamdulillah, semoga kami dapat hasil terbaik dalam lomba ini,” harapnya. (mg06/don/ira)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook