Taman Segitiga dan Taman Baca, Kemajuan Rancakamurang

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 12 Desember 2019 - 11:37:52 WIB   |  dibaca: 120 kali
Taman Segitiga dan Taman Baca, Kemajuan Rancakamurang

PETIR – Perubahan tak kalah luar biasa terjadi di lingkungan RT 05 RW 002, Kampung Rancakamurang, Desa Mekarbaru, Kecamatan Petir. Pada penilaian tahap kedua Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang, Rabu (11/12), kampung ini punya dua taman sekaligus. Taman Segitiga dan Taman Baca. Taman itu inisiasi pemuda Rancakamurang.

Satu hari sebelumnya, Selasa (10/12), Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyempatkan waktunya untuk mengunjungi Rancakamurang. Di sela Road Show Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019 di Kecamatan Petir, Tatu melihat hasil penataan kampung itu.

Kemarin, giliran tim 7 juri LKBA datang ke Rancakamurang untuk penilaian tahap kedua. Kepala Desa Mekarbaru Asep Rupawan, Sekretaris Desa Mekarbaru Dede Safaat, Ketua RW 002 Asip, dan puluhan warga Rancakamurang menyambut rombongan tim juri. Secara umum, koordinator tim 7 Mayor Infanteri Uung Nugraha mengatakan, perubahan wajah Rancakamurang telah terlihat pada penilaian tahap awal. Dan, pada penilaian tahap kedua, lebih maju.

“Penataan sudah rapi. Halaman dari rumah pertama sampai akhir, sudah bersih. Ada Taman Baca dan Taman Segitiga. Pos ronda, ada jadwal rondanya. Sudah bagus,” ucapnya kepada Radar Banten.

Perwira menengah TNI AD yang akrab disapa Uung itu meminta warga Rancakamurang terus meningkatkan kebersihan, keindahan, dan keamanan lingkungannya. Saat ini, di tiap rumah ada tong sampah. “Sarana bermain dan lain-lain (sarana pengelolaan sampah-red) lebih ditingkatkan lagi, bukan hanya pada saat penilaian saja,” imbaunya.

Senada dikatakan tim juri lainnya, Agus Hermawan. Ia pun berharap, Rancakamurang menjadi pilot project bagi kampung lainnya. “Taman Baca sudah baik bernilai baik untuk mengalihkan perhatian anak-anak dari gadget,” terangnya.

Kepala Desa Mekarbaru Asep Rupawan menjelaskan bahwa kemajuan di Rancakamurang karena antusiasme warganya, terutama para pemuda, menata kampung. “Alhamdulillah, bupati telah mengunjungi kampung kami. Beliau (menyebut Bupati Ratu Tatu Chasanah-red) mengapresiasi penataan kampung. Dampaknya, warga semakin antusias,” ungkapnya.

“Harapan saya ke depan, dengan adanya LKBA, mudah-mudahan jadi modal awal bagi kami memacu warga agar peduli lingkungannya sendiri,” sambungnya.

Ketua RW 002, Kampung Rancakamurang, Asip menyebutkan, penataan lingkungan Rancakamurang dilakukan warga tak kurang dari dua bulan. Warga menggunakan bambu sebagai bahan dasar untuk menata lingkungannya. “Alhamdulillah, kini, di kampung kami ada Taman Baca, Taman Segitiga. Itu digagas para pemuda yang memiliki kreativitas,” terangnya. (fdr/don/ira)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook