Curugdulang Berubah Total

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 12 Desember 2019 - 11:38:48 WIB   |  dibaca: 193 kali
Curugdulang Berubah Total

CIKEUSAL – Lingkungan RW 08, Kampung Curugdulang, Desa Sukaraja, Kecamatan Cikeusal, berubah drastis. Saat penilaian tahap pertama pada November lalu oleh tim 3 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA), kampung ini baru dipoles sederhana. Namun, Rabu (11/12), tim juri benar-benar dibuat kagum. Lingkungan dengan dua RT itu, RT 16 dan RT 17, molek bagaikan gadis.

Masuk melalui gerbang kampung, tim juri mendapati patok bambu warna merah dan putih berjejer rapi. Masuk ke dalam lagi, halaman rumah warga Curugdulang yang semula tidak berpagar, kini semua telah dipagar. Rapi dan seragam dengan warna merah-putih. Di luar dan di dalam pagar, pot-pot bunga berbagai rupa tertata rapi.

Pohon-pohon besar, seperti pohon rambutan, nangka, durian, dan lainnya, menambah sejuk dan asrinya Curugdulang yang dihuni oleh ratusan kepala keluarga.

Begitu pun dengan bak sampah besar dari bambu, berjejer rapi.“Begitu ada rekomendasi tim juri pada penilaian pertama, aparat desa dan warga langsung bergerak cepat memperbaiki kekurangan,” kata Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Sukaraja Toni Fatoni yang mendampingi tim juri keliling kampung.

Kemarin, tim juri disambut oleh ratusan warga, anak-anak, pemuda, dan kesenian debus. Tim juri terdiri dari M Widodo (Radar Banten), Bakhroem (Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Serang), Kapten Siswoyo (Korem 064 Maulana Yusuf Serang), Iptu Bingonilah (Polda Banten) dan Niko (Dinkes Kabupaten Serang).  “Kampung ini benar-benar berubah total. Bagus, rapi, bersih, dan indah,” ungkap Siswoyo yang diiyakan juri yang lain.

Menurut Toni, perubahan wajah Curugdulang tak lepas dari peran pemuda dan ibu-ibu kader posyandu. Merekalah yang siang dan malam hari membenahi kampungnya agar bersih dan asri. “Kami juga sedang berupaya agar kampung ini menjadi kampung KB,” kata seorang kader posyandu yang mendampingi tim juri keliling kampung.

Selain menanam bunga, ibu-ibu juga memanfaatkan halaman rumahnya untuk menanam bermacam jenis sayur. Dari terong, sawi, kangkung, dan lainnya.Curugdulang, walaupun hanya terdiri dari dua RT, jalan kampungnya sudah dibeton. Mulus dan cukup panjang, sekira 600 meter. (Wid/don/ira)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook