Kilas Balik Golok Day dan Kegiatan Bidang Budaya Disparbud Cilegon

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 12 Desember 2019 - 15:12:03 WIB   |  dibaca: 109 kali
Kilas Balik Golok Day dan Kegiatan Bidang Budaya Disparbud Cilegon

CILEGON, BANTEN RAYA - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disaparbud) Kota Cilegon telah sukses menggelar event bertaraf internasional dengan tajuk Festival Golok Day 2019 pada 3 dan 4 Mei lalu.

Kegiatan yang digelar di Jalan Jenderal Sudirman (Depan Kantor Walikota Cilegon) itu, berhasil menghimpun 195 perguruan silat dari Banten, nusantara dan mancanegara. "Ada pesilat dari 10 negara yang terlibat pada Golok Day yaitu, Uzbekistan, Amerika, Suriname, Belgia, Belanda, Perancis, Malaysia, Singapura, Inggris, dan Swiss. Kalau nasional di antaranya ada dari Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, Lampung, Jawa Barat, dan Sumatera Barat. Totalnya ada sekitar 3.000 pendekar yang ikut," ujar Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Cilegon Tini Suswatini kepada bantenraya.com.

Selain itu, lanjut Tini, ada tokoh dunia persilatan nusantara, internasional dan selebriti Indonesia yang juga ikut terlibat."Suatu kehormatan, Golok Day waktu itu dihadiri Presiden Pencak Silat Internasional Mayjen TNI (Purn) Eddie Marzuki Nalapraya, Presiden Pencak Silat Asia Sheik Alauddin Yacoob Marican, dan presiden pencak silat dari beberapa negara lainnya juga ikut hadir seperti dari Suriname, Perancis, dan Uzbekistan. Kalau tokoh nasionalnya ada Guru Besar Silek Harimau Minangkabau Edwel Datuak Rajo Gampo Alam, keturunan ke 17 Prabu Siliwangi M Fajar Laksana dan pengurus IPSI pusat serta FPSTI (Federasi Pencak Silat Tradisional Internasional). Selebriti yang terlibat ada ustad Opick Tombo Ati, aktor laga dunia Cecep Arief Rahman, Legenda Aktor Laga Nasional Hendri Hendarto, dan Bang Dik Doang," katanya.

Tini menjelaskan, hasil yang diharapkan dari Festival Golok Day adalah meningkatnya pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai tradisonal daerah, pengembangan dan pemanfaatan nilai-nilai tradisional secara universal.

Selain Festival Golok Day, ada beberapa kegiatan lain yang telah dilaksanakan Disparbud Cilegon melalui bidang kebudayaan diantaranya Saresehan Budaya yang terlaksana pada Februari dan Maret, Festival Maulid Kota Cilegon pada November, Kajian Studi Kelayakan Desa Budaya, Keikutsertaan dalam Apeksi di Semarang pada Juli, serta Lawatan Budaya dan Sejarah ke Kbupaten Kuningan dan Cirebon pada Oktober tahun ini.Adapun Prestasi yang telah dicapai diantaranya, juara lomba Lasqi tingkat nasional dan juara umum lomba Qasidah tingkat Provinsi Banten. (danang/adv)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook