Bale Endah Makin Joss

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 13 Desember 2019 - 10:25:57 WIB   |  dibaca: 166 kali
Bale Endah Makin Joss

SERANG – Perubahan di Kampung Bale Endah, RT 03 RW 05, Desa Kragilan, sangat signifikan. Kampung ini menjadi lebih indah, hijau, asri, dan bewarna. Warga, pengurus RT dan RW, serta perangkat desa bersama-sama melakukannya untuk penilaian tahap kedua Lomba Kampung Bersih dan Aman 2019.

Berdasarkan pemantauan tim 4 juri LKBA, Kamis (12/12), perubahan sangat mencolok terlihat dari warna-warna di paving block, lukisan di dinding rumah warga, penambahan pot-pot bunga, serta pembuatan apotek hidup dan warung hidup. Penghijauan juga dilakukan warga dengan menanam aneka tanaman di depan rumah dan memanfaatkan botol plastik bekas untuk pot bunga yang ditempel di tembok rumah.

Partisipasi warga juga meningkat. Saat tiba Bale Endah sekira pukul 09.30 WIB, tim juri langusng disambut Camat Kragilan Epon Anih Ratnasih,  perangkat desa, ketua RT, ketua RW, dan ratusan warga. Suasana semakin semarak karena tim juri yang terdiri atas Nasir Al Afghani (Pemkab Serang), Kompol Alimuda Pulungan (Polda Banten), drh Rina Firnanilah Usman (Distan Kabupaten Serang), dan Ahmad Lutfi (Radar Banten) disambut marching band dari SMP Kragilan.

Salah satu tim juri, Nasir Al Afghani, mengatakan bahwa Bale Endah mengalami perubahan besar dibandingkan dengan penilaian tahap pertama. “Kampung ini lebih indah dengan bunga-bunga dan warna-warna. Di sini juga ada taman bermain anak-anak dan apotek hidup. Luar biasa perubahannya,” tegasnya.

Nasir memberi masukan agar tempat sampah dipisahkan antara sampah organik dan non organik. Sehingga, sampah yang dibuang dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat. “Sampah organik bisa dijadikan kompos dan sampah non organik bisa didaur ulang,” katanya.

Sekretaris Desa Kragilan Elzan bersyukur karena warga Bale Endah antusias mengikuti LKBA. “Penataan kampung yang dilakukan pun hasil swadaya masyarakat,” katanya. Ia berharap, warga tetap rutin bergotong royong menjaga keindahan kampungnya sehingga kenyamanan tetap terjaga.

Ketua RW 05 Edi Suhaedi Jalal membenarkan bahwa warganya berswadaya untuk mengubah lingkungan kampungnya. “Alhamdulillah, semua warga kompak dan ikut berpartisipasi,” pungkasnya. (rio-alt/don/ags)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook