Menikmati Keindahan Alam dari Saung Dolet

nurul roudhoh   |   Hiburan  |   Sabtu, 14 Desember 2019 - 09:28:56 WIB   |  dibaca: 137 kali
Menikmati Keindahan Alam dari Saung Dolet

NYAMAN: Saung Dolet berlokasi di Jalan Palka KM 06 Cipelem Paleh, Pabuaran, Kabupaten Serang.

Memadukan unsur alam dan suasana pedesaan Saung Dolet menyuguhkan pengalaman makan makanan sunda yang tak terlupakan. Berlokasi di persawahan dan pinggir sungai, Saung Dolet menjadi tempat yang tidak hanya indah tetapi juga nyaman.

Bagi yang sering melintasi jalan Palima-Cinangka (Palka), ketika melintasi daerah Paburan pasti pernah melihat deretan saung berjejer rapi di antara persawahan berundak. Di situlah Saung Dolet berada. Berada di daerah persawahan dan pinggir sungai, Saung Dolet berlokasi di Jalan Palka KM 06 Cipelem, Paleh, Pabuaran-Ciomas, Kabupaten Serang, Banten. Dari palima, jaraknya sekitar 5 kilometer dan berada persis di pinggir jalan.

Saat menginjakkan kaki di depan rumah makan ini, pengunjung akan disambut dengan gerbang dan pagar indah terbuat dari kayu. Di bagian depan pintu gerbang terdapat gentong besar dengan jalinan kayu menyilang indah dan dilengkapi tulisan “Mang Dolet”.

Turun ke bawah, saung-saung tampak berjejer rapi. Sementara di hadapan saung-saung itu persawahan dengan padi menghijau dan sungai kecil yang airnya mengalir ke Sungai Cibanten menambah indah suasana. Saung-saung itu terbuat dari kayu jambu dan kelapa ditutup atap rumbia  dan ijuk seperti menyatu dengan suasana alam pedesaan. Sesekali terlihat kodok, kadal, dan juga bekicot.

Di bawah saung-saung itu terdapat kolam kecil di mana ikan-ikan tampak bergerak ke sana ke mari. Suasana semakin menenangkan ketika terdengar gemericik air yang turun dari dataran tinggi ke dataran rendah.

Soleh Hidayat, pemilik Saung Dolet, mengatakan bahwa Saung Dolet baru berdiri sekitar setahun. Konsep awal adalah rumah makan. Namun seiring waktu akan dikembangkan juga permainan anak dan keluarga. Karena itu akan dibuat sarana outbond, perahu anak, kolam ikan untuk anak-anak memberi makan, bahkan penginapan.

Rute menuju lokasi
Lokasi Saung Dolet mudah dijangkau. Dari perempatan Palima, Kota Serang, pengunjung hanya perlu mengambil jalan Palima-Cinangka lalu bila sampai di Pabuaran, maka di sebelah kanan akan terlihat papan nama Saung Dolet. Jarak antara Palima ke Saung Dolet kurang lebih 5 kilometer.

Bagi yang tidak membawa kendaraan pun bisa menjangkau Saung Dolet dengan menggunakan angkutan umum jurusan Ciomas/ Padarincang dengan membayar ongkos sekitar Rp5.000 dari perempatan Palima.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Saung Dolet adalah saung, musola, kamar mandi, perahu-perahuan, perosotan, ayunan, flying fox, dan kolam ikan. Perahu-perahuan untuk anak diswakan seharga Rp15.000, flying fox Rp20.000, dan memberi makan ikan Rp5.000.

Harga makanan dan minuman yang disediakan menurut pengelola masih murah bila melihat posisi lokasi yang strategis dan indah. Harga makanan paket di saung ini berkisar antara Rp25.000-Rp45.000 per porsi. Sementara harga minuman berkisar Rp12.000-Rp14.000 per porsi.  

Soleh mengungkapkan bahwa nama Dolet diambil dari namanya sendiri. Nama itu diucapkan oleh pamannya ketika ia masih menggeluti bisnis gabah. Saat itu  ia mempunyai mobil kijang kotak tua.

Ketika akan belanja gabah dan berhubungan dengan Bulog ia akan membawa mobil tua tersebut. Padahal, pada masa itu pein gabah selalu memiliki mobil bagus. Hanya ia yang memiliki mobil tua dan karena itu dipanggil Dolet.“Dolet itu nama saya. Tapi tidak ada artinya,” kata Soleh. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook