Dipantau Langsung KASN

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Sabtu, 14 Desember 2019 - 09:34:15 WIB   |  dibaca: 26 kali
 Dipantau Langsung KASN

DIPANTAU: Suasana tes wawancara lelang jabatan eselon II di lingkungan Pemkot Serang yang dipantau langsung oleh KASN, bertempat di Hotel Le Dian, Kota Serang, Jumat (13/12).

SERANG, BANTEN RAYA- Proses open bidding (seleksi terbuka) atau lelang jabatan untuk Jabatan Tinggi Pratam (JPT) eselon II Pemkot Serang memasuki tahap tes wawancara. Tes ini dilakukan di Hotel Le Dian, Ciceri, Kota Serang, Jumat (13/12). Tes wawancara ini dipantau langsung oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).
Sebanyak 20 peserta pejabat eselon III dari Pemkot Serang ambil bagian.

Pantauan Banten Raya, perwakilan KASN yang hadir pada saat itu dipimpin oleh Komisioner Bidang Mediasi dan Perlindungan KASN Mustari Irawan. Mustari sempat berbincang dengan sejumlah peserta sebelum dan sesudah memasuki salah satu ruangan tertutup untuk dites wawancara oleh tim Panitia Seleksi (Pansel).

Tes wawancara merupakan tahap terakhir untuk seleksi terbuka bagi para pejabat eselon III yang ambil bagian pada lelang jabatan tersebut. Sekadar diketahui untuk posisi jabatan pejabat eselon II yang diperebutkan oleh 20 peserta yakni Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan, dan Staf Ahli Walikota (SAW) Bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Komisioner Bidang Mediasi dan Perlindungan KASN, Mustari Irawan, mengatakan, kunjungannya pada lelang jabatan di Pemkot Serang ini menunaikan tugas dari KASN sesuai amanat undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang KASN.“Jadi Jadi tugas KASN adalah melakukan pengawasan terhadap rapat sistem merit dan juga seleksi terbuka untuk JPT,” ujar Mustari, kepada Banten Raya, setelah memantau.

Ia menuturkan, dalam kegiatan tes wawancara untuk memilih tiga terbaik dari dua posisi jabatan yang diperebutkan, KASN sangat penting sekali bagaimana proses dari wawancara itu berjalan. Karena meskipun tim Pansel sudah dibentuk namun hal itu pihaknya harus mengetahui bagaimana prosesnya dilaksanakan.

“Jadi fungsi pengawasan itu tidak hanya dalam konsep yang diberikan secara normatif tapi kami juga turun secara langsung bagaimana proses itu dilaksanakan. Sehingga kami memberikan jaminan bahwa proses pelaksanaan seleksi terbuka JPT di Lingkungan Pemkot Serang berjalan sesuai aturan yang ada,” tutur dia.

Ia menilai tim Pansel yang melakukan seleksi ini sudah memenuhi kompetensi, komitmen, integritas, dan tidak boleh mempunyai kepentingan di dalamnya. “Saya kira semua anggota pansel sudah masuk dalam kriteria di dalam itu. Saya lihat prosesnya sudah berjalan dengan baik,” katanya.

Salah satu peserta open bidding, Diat Hermawan, mengatakan, mengaku tak kesulitan saat menjawab pertanyaan bertubi-tubi dari tim Pansel kepada dirinya. Pasalnya, ia sudah mengetahui materi karya tulis ilmiah yang telah dibuatnya.“Kalau tadi saya cuman lima sampai tujuh pertanyaan. Kurang lebih 15 menit. Alhamdulillah lancar,” ujar Diat Hermawan, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kota Serang ini.

Ia menjelaskan, pertanyaan yang dilayangkan kepada dirinya masih seputar karya tulis makalah yang sebelumnya telah dibuat olehnya.“Saya melamar Staf Ahli Walikota (SAW) Bidang Ekonomi dan Pembangunan. Nah itu ditanyakan lagi oleh tim Pansel. Sejauh mana karya tulisannya yang saya buat sesuai tidak dengan program visi-misi walikota dan wakil walikota,” jelas dia. (harir/rahmat)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook