Peledak Semen Merah Putih Rusak Rumah Warga

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Sabtu, 14 Desember 2019 - 09:44:02 WIB   |  dibaca: 53 kali
Peledak Semen Merah Putih Rusak Rumah Warga

RUSAK: Kondisi rumah warga Pamubulan, Kecamatan Bayah rusak yang diduga akibat bahan peledak PT Cemindo Gemilang, Jumat (13/12).

LEBAK, BANTEN RAYA- Puluhan rumah warga Desa Pamubulan, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak mengalami retak pada bagian temboknya. Diduga kondisi itu akibat adanya kegiatan peledakan (blasting) bahan baku semen (limestone) PT Cemindo Gemilang yang memproduksi semen merah putih.

Lokasi peledakan berada di lokasi tambang Quary Gama Group."Kegiatan peledakan bahan baku semen sungguh meresahkan. Bukan hanya dibisingkan oleh suara ledakan tetapi juga merusak bangunan rumah," kata Marto, warga Desa Pamumbulan, Kecamatan Bayah melalui sambungan telepon selularnya, Jumat (13/12).

Menurutnya, kondisi beberapa sudut bangunan rumahnya mengalami retak pada bagian temboknya. Diduga diakibatkan dari efek getaran bahan peledak. "Suara ledakan hingga terdengar sampai radius 10 kilometer. Besarnya ledakan membuat getarannya memiliki daya rusak tinggi yang mengakibatkan bangunan fasilitas umum dan tempat tinggal warga yang tidak jauh dari lokasi terkena imbas," katanya.

Marto menuding aktivitas pertambangan bahan baku semen dijalankan oleh PT Cemindo Gemilang sudah tidak pakai aturan. Padahal lokasi tambang di blok Quary dekat dengan rumah penduduk. "Di situ ada Kampung Neglasari dan Sukarasa, Desa Pamubulan yang terkena imbas peledakan. Kini banyak rumah warga yang temboknya mengalami retak hingga beberapa centimeter," katanya.

Marto berharap proses peledakan bahan baku dilakukan sesuai prosedur dan aturan. Supaya jangan sampai memiliki daya rusak tinggi. "Saya harap dari pihak pemerintah turut melakukan pengawasan dan meninjau ke lokasi. Kalau dibiarkan tentu membuat kami khawatir karena bisa saja menyebabkan bangunan rumah ambruk dan menimbulkan korban jiwa," katanya.

Kades Pamubulan Ago Juhani membenarkan aktvitas peledakan bahan baku semen telah mengakibatkan rumah warganya mengalami keretakan pada bagian temboknya. "Kami sudah memfasilitasi dengan mengundang pihak perusahaan. Kemarinan dari PT Cemindo Gemilang sudah mengirim 150 sak semen untuk memperbaiki rumah yang retak," katanya.Sementara itu, Corporate CSR & Public Relations Semen Merah Putih Sigit Indrayana belum bisa dimintai keterangan. (purnama/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook