364 Orang Berebut Jadi Panwascam

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Sabtu, 14 Desember 2019 - 10:32:49 WIB   |  dibaca: 45 kali
 364 Orang Berebut Jadi Panwascam

KONSENTRASI: Peserta seleksi Panwascam mengisi soal tes CAT yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Serang, Jumat (13/12).

SERANG, BANTEN RAYA- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang menggelar tes tertulis bagi para peserta yang mengikuti seleksi Panitia Pengawa Kecamatan (Panwascam) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 mendatang. Tes tertulis yang dilakukan dengan sistem computer assisted test (CAT) tersebut diikuti oleh 364 orang dari 29 kecamatan di Kabupaten Serang.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Rekrutmen Panwascam Sulyantarudin mengatakan, tes CAT dibagi menjadi empat tahap karena fasilitas komputer yang tersedia jumlahnya terbatas. "Tes CAT ini dilakukan sehari, mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 yang kita bagi menjadi empat sesi, untuk satu sesinya 100 orang," kata Sulyantarudin di SMK Nurul Huda, Baros, Jumat (13/12).

Ia menjelaskan, dalam tes tersebut peserta diberi 100 pertanyaan yang terdiri dari soal kepemiluan, wawasan kebangsaan, dan muatan lokal Kabupaten Serang. "Untuk prosesnya berjalan lancar, cuma memang diawal-awal servernya sempat terganggu karena loginnya berbarengan tapi setelah itu berjalan lancar. Kita menyiapkan komputer 120 unit tapi yang dipakai 100 unit karena yang 200 unit untuk cadangan," ujarnya.

Pada kegiatan tes tersebut, Sulyantarudin mengungkapkan, pihaknya tidak mentolerir peserta yang terlambat masuk ruangan karena hal tersebut menyangkut kedisiplinan bakal calon anggota Panwascam. “Yang terlambat 30 menit kita persilakan untuk masuk, tapi kalau lewat dari itu terpaksa tidak boleh ikut tes. Untuk sesi pertama da tiga orang yang tidak boleh ikut tes karena terlambat. Ada dari Kecamatan Baros, Carendang, dan Kecamatan Cikande,” tuturnya.

Koordinator Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Kabupaten Serang itu memastikan, selesai CAT dilakukan secara transparan dan hasilnya langsung diketahui oleh masing-masing peserta. "Untuk tes tidak ada passing grade, semua peserta bisa ikut tes wawancara yang kita laksanakan besok (hari ini). Untuk peserta paling banyak dari Kecamatan Padarincang 24 orang dan Kecamatan Pontang 23 orang," paparnya.

Ia menjelaskan, hasil seleksi Panwascam akan diumumkan antara 18 sampai 19 Desember setelah semua tahapan selesai dilaksanakan. “Untuk tes wawancara tanggal 14 sampai 17 Desember. Setelah itu baru kita umumkan hasilnya. Kita ambil tiga orang. Mudah-mudahan Desember ini rekrutmen Panwascam selesai semua,” katanya.

Iik Nurjanah, salah seorang peserta asal Kecamatan Cikeusal mengaku, soal yang diujikan relatif cukup sulit karena menyangkut kepemiluan dan undang-undang 1945. “Lumayan agak sulit ya, jawaban yang benar dari 100 soal hanya 35 soal. Enggak ada persiapan apa-apa. Ini baru pertama kali ikut tes Panwascam,” ujarnya. (tanjung/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook