Pemdes Punya Pos Ronda, Warga Punya Jamur Tiram

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Sabtu, 14 Desember 2019 - 10:50:35 WIB   |  dibaca: 105 kali
Pemdes Punya Pos Ronda, Warga Punya Jamur Tiram

JAWILAN – Pemerintah Desa Cemplang, Kecamatan Jawilan, cepat merespons arahan tim 9 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019. Pemerintah desa mengizinkan warga RW 01, Kampung Kawoyang, untuk membangun pos ronda di atas tanah kas Desa Cemplang. Pemerintah desa juga men-support warga Kawoyang menata lingkungannya.

Dukungan pemerintah desa itu terlihat dari perubahan kondisi Kawoyang. Saat penilaian tahap kedua, Jumat (13/12), tim juri tidak lagi melihat perkampungan yang apa adanya. Kawoyang telah berubah.

Sekarang, Kawoyang punya taman swafoto, punya tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) untuk sampah organik dan nonorganik, punya warung hidup, dan punya jalan kampung yang dicat warna-warni. Kampung itu pun punya kelompok peduli lingkungan yang sudah mampu mengolah sampah, meskipun baru sampah nonorganik yang dijadikan kerajinan tangan. Serta, kelompok sadar hukum. Dua kelompok warga itu telah mendapat legalitas dari Kepala Desa Cemplang Iwan Setiawan.

Pos ronda di kampung itu tak lagi menempati tanah warga. Selaku Kepala Desa, Iwan mendukung keinginan warga Kawoyang untuk membangun pos ronda secara permanen di atas tanah bengkok. Pembangunan pos ronda di RW 01, Kampung Kawoyang itu langsung diresmikan kepala desa bersamaan dengan kedatangan tim juri.“Satu minggu warga membangun pos ronda ini. Swadaya,” ungkap Iwan usai peresmian.

Untuk mengejar ketertinggalannya, warga Kawoyang melakukan inovasi dengan membudidayakan kangkung secara hidroponik. Serta, budi daya jamur tiram.Di kampung itu, sudah ada lima kelompok budi daya jamur tiram dan kangkung hidroponik. “Masih jadi konsumsi pribadi saja,” kata Ketua RW 01 Anung Nurhayadi.

Kebersihan lingkungan kampung itu sudah terlihat. Begitu pula dengan keamanannya. Menurut Anung, warga Kawoyang berusaha membersihkan dan menjaga keamanan lingkungannya sesuai arahan tim juri saat penilaian tahap pertama. Ia mengakui, LKBA telah menumbuhkan kekompakan dan gotong royong warganya.“Sekarang, (Kawoyang-red) sudah bersih dan berwarna,” ujarnya.

Anggota tim 9 juri LKBA Brigadir Aris Wibowo menilai, partisipasi dan kekompakan warga Kawoyang dalam membersihkan dan menjaga keamanan lingkungannya jauh meningkat. “Sekarang jadi bagus. Penghijauannya menyeluruh dan sudah punya tempat pembuangan sampah,” ujarnya. (mg06/don/ira)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook