Benteng Spelwijk Jadi Destinasi Wisata Alternatif

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 13 Januari 2020 - 14:20:59 WIB   |  dibaca: 105 kali
Benteng Spelwijk Jadi Destinasi Wisata Alternatif

LEBIH TERTATA : Warga menikmati suasana di Benteng Spelwijk yang terletak di Pamarican, Kelurahan Banten, Kasemen, Kota Serang, Minggu (12/1).

SERANG, BANTEN RAYA – Setelah dipercantik oleh Pemerintah Provinsi Banten pada tahun 2019, kini Benteng Spelwijk menjadi destinasi wisata alternatif di akhir pekan bagi masyarakat Serang dan sekitarnya. Benteng Spelwijk terletak di Lingkungan Pamarican, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Lokasinya tidak jauh dari Masjid Agung Banten Lama.

Muhammad Imron, salah seorang warga Serang yang mengunjungi Benteng Spelwijk, mengaku kaget dengan perubahan benteng tersebut. Sebelum ditata dan dipercantik, Benteng Spelwijk hanya berupa benteng kokoh namun dipenuhi dengan rumput liar.

Benteng ini hanya akan ramai ketika ada pertandingan sepak bola antar kampung. Selebihnya, hanya orang yang ingin mojok yang mendatangi tempat ini.“Tapi sekarang jadi bagus. Enak buat tempat wisata,” kata Imron, Minggu (12/1).

Ia pun kemudian mengajak keluarganya datang ke Benteng Spelwijk untuk menikmati pemandangan. Imron mengaku Benteng Spelwijk saat ini sudah tidak kumuh lagi karena penataan taman dengan aneka tanaman dan bunga memperindah pemandangan Benteng Spelwijk yang dulu kusam dan tak bergairah.“Sekarang kalau foto di sini enggak bakal nyangka kalau di Benteng Spelwijk,” katanya.

Hendri Gunawan, pengunjung lain, mengaku sepakat wajah Benteng Spelwijk saat ini lebih asyik untuk dijadikan sebagai tempat destinasi wisata alternatif di akhir pekan. Ia yang merupakan warga Kecamatan Walantaka tidak akan kebingungan lagi bila ingin berwisata sementara uang di kantong sangat tipis.“Kalau pengen jalan-jalan tapi uang cuma sedikit ke sini aja,” katanya tertawa.

Hendri merasa bangga karena masyarakat Banten saat ini memiliki tempat-tempat wisata yang enak dipandang mata. Khususnya Kawasan Banten Lama yang sebelumnya kumuh dan tidak menarik saat ini menjadi lebih menarik dan sangat aman bila dikunjungi bersama dengan keluarga.“Nanti pasti saya akan ke sini lagi sama keluarga,” ujarnya.

Berdasarkan sumber dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten tahun 2019, Benteng Spelwijk didirikan pada tahun 1685-1686 oleh arsitek Belanda bernama Lucas Cardeel dengan maksud sebagai penghargaan kepada Gubernur Jenderal VOC Cornellis J. Speelman yang memerintah tahun 1681-1684.Benteng Spelwijk mulai ditinggalkan tahun 1810 ketika situasi makin memburuk pada masa Daendeles. Reruntuhan Benteng Spelwijk dipugar tahun 1911 oleh Gubernur Jenderal A.W.F. Idenborg.  (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook