Anak Penyintas Bencana Rentan Stres

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 14 Januari 2020 - 14:23:28 WIB   |  dibaca: 64 kali
Anak Penyintas Bencana Rentan Stres

MENGHIBUR: M Uut Lutfi mengajak anak-anak penyintas bencana di Lebak bermain melalui program Pesona Anak Gembira, Sabtu (11/1).

SERANG, BANTEN RAYA- Anak penyintas bencana rentan terhadap stres. Sebab, mereka yang setiap hari biasa bermain menjadi tidak bisa bermain karena ada bencana.
Agar anak penyintas bencana tidak mengalami stres, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Banten menggelar program Pesona Anak Gembira yang menampilkan aneka permainan untuk anak-anak penyintas bencana di Lebak dan Tangerang.

“Dalam kegiatan ini kami menghibur anak-anak untuk bermain dan bergembira bersama dengan tujuan mengurangi atau menghilangkan trauma mereka,” kata Ketua LPA Banten M Uut Lutfi, Minggu (12/1).

Lutfi mengatakan, dengan kegiatan bermain bersama anak-anak setidaknya mengisi kekosongan aktivitas yang biasanya mereka bermain dan bersekolah, karena banjir akhirnya mereka tidak bisa beraktivitas seperti biasanya. Selain itu dengan bermain mereka menjadi ceria dan gembira. Tentu harapannya mereka cepat pulih dan bangkit kembali dari traumatik.“Permainan yang diperuntukkan untuk anak-anak itu juga bertujuan mengisi waktu luang anak-anak akibat banjir selama di pengungsian,” katanya.

Terkait trauma yang dialami anak-anak, Lutfi menyatakan bahwa penanganan sampai mereka pulih dari trauma bergantung dari sedalam apa traumatik yang mereka alami. Bagi yang mengalami trauma biasa bisa cepat pulih.

Sementara bagi yang traumanya dalam maka pemulihannya bisa lebih lama.“Dengan kondisi lingkungan yang hancur akibat banjir akhirnya mereka tidak bisa beraktivitas. Belum lagi harta benda mereka yang hanyut kebawa banjir pasti mereka sedih dan kepikiran,” katanya.Adaun permainan yang dilakukan dengan anak-anak penyintas bencana yaitu melempar bola ke dalam kotak kardus, lomba mewarnai, estafet karet gelang dalam sedotan, dan permainan lainnya.

Koordinator Program Pesona Anak Gembira Rohani menyatakan, selain mengajak anak bermain LPA Banten juga menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa pakaian, popok anak, pembalut, beras, makanan, dan memberikan layanan dukungan psikososial bagi para penyintas bencana banjir bandang di Kabupaten Lebak. “Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Rohani. (tohir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook