75 Orang Terjangkit HIV/AIDS

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Rabu, 15 Januari 2020 - 10:52:55 WIB   |  dibaca: 43 kali
75 Orang Terjangkit HIV/AIDS

BERJAGA: Dua pegawai di Klinik Seroja pada RSUD Dr Adjidarmo Rangkasbitung berjaga untuk melayani pendaftaran pasien ODHA yang akan memeriksakan kesehatannya, Selasa (14/1).

LEBAK BANTEN RAYA- Jumlah masyarakat Lebak yang terkena kasus HIV/AIDS atau orang dengan HIV/AIDS (ODHA) sepanjang tahun 2019 ternyata melebihi angka pada 2018. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak, ODHA tahun 2019 mencapai 75 orang terdiri dari 43 pria dan 32 perempuan. Sedangkan pada 2018, jumlah ODHA hanya 36 orang, terdiri 24 pria dan 12 perempuan.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) pada Dinkes Lebak Firman Rahmatullah menjelaskan, agar kasus HIV/AIDS tidak mengalami peningkatan kembali pada 2020 ini, maka aktifitas ODHA selalu dipantau. Mereka juga diberikan imbauan untuk tidak memiliki rasa marah dan dendam, sehingga ingin menularkannya ke orang lain. “Peningkatan angka kasus ODHA sepanjang 2019 ini kebanyakan akibat ganti-ganti pasangan, sehingga akhirnya tertular,” ujar Firman, kemarin.

Ditambahkannya, agar kasusnya mampu ditekan, maka selain memantau aktifitas mereka yang positif ODHA, pihaknya pun akan terus melakukan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat, kalangan pelajar, mahasiswa, maupun para komunitas. “Kami akan berusaha melibatkan beberapa pihak, seperti para alim ulama atau tokoh agama, dengan tujuaan agar sosialisasi dan penekanan angka HIV/AIDS ini bisa membuahkan hasil yang baik,” harapnya.

Plt Kepala Dinkes Lebak Triatno Supiono mengatakan, yang harus dilakukan dalam upaya pencegahan agar angka kasus HIV/AIDS mampu ditekan, yaitu terkait  perilaku seks bebas. Oleh karena itu, apabila masyarakat tidak ada yang melakukan seks bebas, maka diyakini kasus HIV/AIDS mampu ditekan. "Kami harap kepada masyarakat, hindari perilaku seks bebas atau ganti-ganti pasangan, agar kasus HIV/AIDS tersebut mampu ditekan,” harap Supiono. (hudaya/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook