Disdukcapil Dapat Kiriman 5.000 Blangko KTP

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Rabu, 15 Januari 2020 - 10:57:24 WIB   |  dibaca: 47 kali
Disdukcapil Dapat Kiriman 5.000 Blangko KTP

RAPAT: Kepala Disdukcapil Lebak Ujang Bahrudin mengelar rapat bersama tim adminduk di kantornya, Selasa (14/1).

LEBAK, BANTEN RAYA- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebak mendapat kiriman 5.000 keping blangko kartu tanda penduduk elektronik (KTPE) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Lebak Ahmad Nur mengaku bersyukur mendapat kiriman blangko KTPE karena memang saat ini sedang dibutuhkan."Kita sudah dapat kiriman blangko KTP-elektronik sebanyak 5.000 keping, khusus untuk korban bencana longsor dan banjir bandang," kata Ahmad Nur, Selasa (14/1).

Selain untuk korban banjir, disdukcapil melaksanakan pencetakan untuk penggantian surat keterangan. Proses pencetakan dilakukan secara bertahap karena berdasar data akhir tahun lalu mencapai puluhan ribu. "Untuk saat ini kita menerima penukaran suket untuk diganti dengan KTPE. Yang bulan cetak suketnya bulan Mei dan Juni 2019 lalu," katanya.

Ahmad Nur menambahkan, sedangkan untuk yang baru rekam atau pemilik KTPE pemula bisa langsung dilakukan pencetakan. "Bagi yang baru rekam atau pemula kita langsung cetak KTPE-nya," katanya.

Ahmad Nur mengungkapkan, selain melaksanakan  pencetakan KTPE, Disdukcapil Lebak juga menerjunkan tim administrasi kependudukan ke lokasi banjir bandang Sungai Ciberang dan Sungai Cidurian. Lokasi banjir bandang meliputi 30 desa tersebar di Kecamatan Lebak Gedong, Cipanas, Sajira, Cimarga, Maja dan Kecamatan Curugbitung.

"Disdukcapil telah membentuk tim untuk mengecek data warga yang kehilangan dokumen kependudukannya. Hasilnya ratusan KK dan akta kelahiran serta ribuan KTP elektronik dinyatakan hilang. Secara bertahap kami lakukan pencetakan, baik itu KK, akta kelahiran maupun KTPE," katanya.

Berdasarkan data yang dikumpulkan tim Adminduk, jumlah KK yang hilang sebanyak 970 KK, akta kelahiran 108 orang, dan KTPE sebanyak 1.493. "Dari 970 KK sudah cetak kembali 851 KK, lalu dari 108 akta kelahiran sudah cetak 85, dan untuk KTPE baru 45. Memang kalau lihat data yang ditemukan dalam database yang harus dicetak paling banyak KTPE," katanya.Kepala Disdukcapil Lebak Ujang Bahrudin menuturkan, proses pencetakan KTP elektronik sementara ini jumlah blangkonya masih terbatas. Jadi proses pencetakannya juga terbatas. (purnama/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook