KPU Pandeglang Buka Pendaftaran PPK

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Rabu, 15 Januari 2020 - 11:00:58 WIB   |  dibaca: 270 kali
KPU Pandeglang Buka Pendaftaran PPK

JUMPA PERS: Ketua KPU Pandeglang Ahmad Sujai dan komisioner lainnya memberikan keterangan pers persiapan pembentukan PPK di KPU Pandeglang, Selasa (14/1).

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang resmi mengumumkan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilbup 23 September 2020 mendatang. Beda dengan Bawaslu, KPU tidak menggunakan sistem CAT dalam tes tulis, melainkan tes tulis manual namun menerapkan pola passing grade.

Ketua KPU Pandeglang Ahmad Sujai menjelaskan, untuk jumlah PPK yang dibutuhkan di Kabupaten Pandeglang jumlahnya lima orang di tiap-tiap kecamatan. Dengan kata lain KPU Pandeglang membutuhkan 175 orang PPK yang akan bekerja selama sembilan bulan di 35 kecamatan.

Dari jumlah ini Sujai menyatakan nantinya KPU akan memperhatikan paling rendah 30 persen keterwakilan perempuan. “Ada 13 syarat yang harus dipenuhi pendaftar dan sudah kami sosialisasikan lewat pengumuman dan di media massa dan elektronik. Tujuannya agar tepat sasaran dan pendaftar sesuai kriteria,” kata Sujai dalam konferensi pers persiapan pembentukan PPK di Aula KPU setempat, Selasa (14/1).

Ditambahkannya, dalam seleksi ini KPU mencari sepuluh orang calon terbaik dari tiap kecamatan yang sukses melewati tahapan seleksi berkas administrasi, tes tulis, dan wawancara yang kemudian disaring menjadi lima orang PPK.

Sistem pengumuman sendiri, kata Sujai, dilakukan dengan rangking dimana rangking satu sampai lima yang akan dinyatakan lolos, sedangkan rangking enam sampai sepuluh adalah cadangan. “Sistem ini kita lakukan untuk mengantisipasi jika rangking satu sampai lima dinyatakan bermasalah saat ada tanggapan dari masyarakat,” katanya.

Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Pandeglang Nunung Fauziah dan komisioner KPU lainnya Ahmadi menambahkan, untuk syarat pendaftar antara lain WNI, berusia paling rendah 17 tahun, setia pada dasar negara, memiliki integritas, tidak menjadi anggota partai politik minimal lima tahun, domisili dalam wilayah kerja tempat calon PPK, sehat dan bebas napsa, pendidikan paling rendah SMA atau sederajat.

“Kami berharap masyarakat yang merasa terpanggil dan memenuhi persyaratan calon PPK untuk segera memasukkan lamaran sesuai jadwal yang ditujukan ke KPU,” jelas keduanya.Hadir dalam konferensi pers ini Sekretaris KPU Dina Kurnia Sari, Kasubag Teknis dan Hupmas Nurul Jannah dan sejumlah staf teknis KPU Pandeglang. (muhaemin)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook